Haul Penyair Chairil Anwar Ponpes di Kaliangkrik Gelar Lomba

BNews–KALIANGKRIK– Santri di Pondok Pesantren Al-Falah – Assholihaat di Sampangan Kaliangkrik Magelang ini ikuti doa bersama dan lomba puisi (27/4/2020). Hal tersebut dalam rangka peringatan Haul Penyair Chairil Anwar.

Ketua Panitia Abdullah Al Kafi mengatakan bahwa ini peringatan penyair besar tersebut yang ke 71 tahun. “Santri ini kita arahkan untuk doa bersama dan mengikuti lomba puisi dengan tetap menerapkan aturan social distanting,” katanya.

Sejumlah santri tampil untuk membacakan puisi hasil karyanya sendiri dengan berbagai macam tema diantaranya yang berjudul Covid-19, karya Safikul Umam. “Peserta ini merupakan santri sekaligus siswa kelas 9 MTsN 2 Kabupaten Magelang yang menggambarkan kondisi pandemi korona saat ini melalui puisi,” imbuhnya.

Selain itu juga puisi dengan judul ” KYAI ” karya Miftakhur Rohman. Ada juga siswi SMA Sudirman Kaliangkrik dan juga puisi dengan judul ” Haruskah Ada Perpisahan ” Karya Hanik Muarrisal Hak.

Salah satu tujuan kegiatan tersebut, lanjut Abdulah adalah untuk mengenang jasa-jasa dan sekaligus mengambil inspirasi besar dari seorang Chairil Anwar. “Dengan harapan agar generasi penerus khusunya para santri agar mampu berkarya khusunya dalam bidang sastra,” ungkapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sebelumnya santri ini membuat puisi lalu dibacakan serta direkam menjadi sebuah video. “Nanti videonya ini dikirim ke Panitia. Memang selama Pademi Corona ini santri tidak dipulangkan, namun isolasi mandiri dalam Ponpes dan boleh membawa handphone sementara,” paparnya.

Para santri mengaku senang dengan kegiatan ini karena dapat mengembangkan dan mengasah potensi diri sekaligus belajar membuat sebuah karya dalam bentuk puisi. ” Senang rasanya, bisa jadi ajang latihan membuat puisi ” Kata Hanik Muarrisal Haq.

Senada dengan Hanik juga diungkapkan oleh Safikul Umam, bahwa kegiatan ini menyenangkan. “Karena sekarang kan belajar dari rumah, kebetulan saya di pondok jadi bisa buat kegiatan belajar juga”, ungkap Safikul.

Sebagaimana diketahui Chairil Anwar merupakan  penyair terkemuka yang dimiliki bangsa Indonesia yang wafat pada tanggal 28 April tahun 1949. Dan penyair ini telah menghasilkan lebih dari 96 karya termasuk 70 diantaranya puisi. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: