Heboh Istilah Ghosting, Begini Arti, Dampak dan Cara Menyikapinya

BNews—MAGELANG— Belum lama ini, istilah Ghosting ramai di perbincangkan netizen di media sosial. Istilah ini sendiri cukup terkenal di kalangan anak milenial zaman sekarang.

Dilansir Borobudur News dari Urban Dictionary, ghosting adalah sikap seseorang yang memutuskan semua komunikasi dengan teman, pasangan atau orang yang sedang didekati. Tanpa peringatan atau pemberitahuan terlebih dahulu sebelumnya.

Selain itu, biasanya orang yang melakukan ghosting kebanyakan akan menghindari panggilan telepon, media sosial, serta menghindarinya di depan umum.

Istilah ghosting dalam hubungan sepasang kekasih diartikan sebagai sikap pasangan yang menghilang secara tiba-tiba. Serta membuat pasangan yang ditinggalkan merasa dihantui.

Mengacu dari Halodoc, perilaku ghosting bisa memberi dampak psikologi bagi korbannya. Perasaan depresi, marah, bingung, hingga merasa tidak diinginkan mungkin akan dialami korban.

Korban ghosting juga bisa mengalami penurunan rasa percaya diri, merasa dibuang dan tidak bisa diterima. Kemudian tidak lagi memiliki keinginan untuk memulai hubungan di masa mendatang, baik secara romantis maupun jenis hubungan lain.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan usai terkena ghosting:

Berikan Waktu

Dampak ghosting bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya. Maka, cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah berikan waktu untuk berdamai dan bisa menerima semua yang terjadi. Sadari bahwa semua sudah berakhir dan memang harus seperti itu.

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Korban ghosting mungkin akan menyalahkan diri sendiri. Nah, hal itu sebaiknya dihindari. Semakin menyalahkan diri, maka semakin dalam perasaan sakit yang akan terasa. Selain itu, hindari “menghukum diri” dengan cara yang berbahaya, seperti konsumsi minuman beralkohol atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Habiskan Waktu dengan Keluarga

Jangan pernah merasa sendiri, jika dibutuhkan cobalah untuk menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman-teman. Dengan begitu, rasa sakit akibat ghosting mungkin bisa sedikit dilupakan. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: