HORE !! Telkomsel Lulus ULO, Siap Pasarkan Jaringan 5G Di Indonesia

BNews–TEKNO– Peryataan resmi dikeluarkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dimana pernyataan tersebut yakni  Telkomsel telah lulus Uji Layak Operasi (ULO) 5G.

Dengan hasil tersebut, dimungkinkan dalam hitungan hari ke depan, masyarakat bisa menikmati layanan 5G.

Berdasarkan informasi dari sumber yang dapat dipercaya, proses ULO 5G yang dilakukan Telkomsel dan Kominfo berlangsung tiga hari, yaitu 19-21 Mei 2021. Dan, pengujian teknologi seluler generasi kelima itu sudah rampung dan Telkomsel lulus ULO 5G.

“Telkomsel sudah lulus ULO, komersialisasi 5G bisa dilakukan segera,” ujar sumber tersebut.

Dengan sudah melalui tahap ULO ini dan lulus, maka Telkomsel akan menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menggelar layanan 5G secara komersil.

Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan jika sudah dinyatakan lulus tahap ULO, rencananya pergelaran 5G Telkomsel akan dilakukan secara terbatas dahulu, sebagaimana yang terjadi pada teknologi 3G dan 4G pada tahap awal.

“Jika skala ekonominya sudah dapat maka 5G akan menyebar dengan sendirinya. Jadi akan pada titik tertentu dahulu,” kata Setyanto.

Pertama kali Telkomsel memperlihatkan teknologi5Gini di ajang Asian Games 2018. Meski berupa berbentuk uji coba, Telkomsel memamerkan berbagai kecanggihan dari jaringan seluler terbaru tersebut, salah satunya autonomous bus alias kendaraan tanpa sopir.

Terakhir, Telkomsel melakukan uji coba berupa video call berbasis 5G yang berujung sukses di penghujung 2019. Operator seluler ini menggaet Ericsson dan Oppo dalam menjajal 5G yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau. (*/dtk)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: