Hujan Abu Merapi Mulai Dirasakan di Srumbung dan Dukun

BNews—DUKUN— Letusan Gunung Merapi pagi ini (9/11) mengarah ke Barat tepatnya di kawasan Kabupaten Magelang. Kolom awan panas yang membumbung tinggi menyebabkan hujan abu.

Laporan yang diterima borobudurnews.com, telah terjadi hujan abu di sebagaian wilayah di Kecamatan Dukun dan Srumbung Kabupaten Magelang. Hujan abu masih dalam intensitas kecil.

Advertisements


“Melaporkan sudah terjadi hujan abu di wilayah Babadan dan sekitarnya masuk Kecamatan Dukun,” kata Dwi Yatimantora, salah satu relawan Merapi.


Hujan abu tipis dirasakan masyarakat mulai pukul 07.15. Atau kurang lebih satu jam sejak awan panas diluncurkan.

Sebelumnya diberitakan Gunung Merapi diperbatasan Jawa Tengah Jogjakarta kembali mengeluarkan awan panas pagi ini (9/11). Awan panas terpantau dari seismogram maupun pengamatan seacara manual.

BPPTKG merilis terjadi
letusan Merapi dengan awan panas pada pukul 06.21 pagi ini. Awan panas letusan tercatat di seismogram dengan ampiltudo maksimal 65 mm dan durasi 160 detik.

Terpantau kolom letusan 1500 dari puncak. Condong ke Barat ke wilayah Magelang. Merapi saat ini masih pada lebel II Waspada. Masyarakat diminta menghindari radius berbahaya di kawasan Puncak Merapi. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: