Imbas Corona, Ribuan Hotel Tutup dan Ratusan Ribu Pekerja Dirumahkan

BNews—NASIONAL— Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat setidaknya ada 1.226 hotel tutup akibat terpukul pandemic covid-19. Jumlah yang diupdate pertanggal 6 Maret 2020 ini tersebar di seluruh Indonesia.

”Laporan terakhir yang dinyatakan tutup itu 1.226 perkemarin sore,” ungkap Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani melalui video konferensi, Selasa (7/4).

Dirinya tidak menampik, angka dilapangan lebih banyak dibanding data yang sementara ini dikantongi. Ia meyakini tidak semua hotel melaporkan.

”Kalau yang riil ada kemungkinan jumlahnya lebih banyak karena kita hanya berdasarkan yang lapor saja,” imbuhnya.

Hariyadi memperkirakan, setidaknya lebih dari 150 ribu pekerja dirumahkan. Status pekerja yang dirumahkan tidak berarti di-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Melainkan tidak dibayar namun tetap dikontrak.

”Statusnya tidak PHK, ya, seperti cuti di akhir tahun. Kalau di-PHK, kan, uang pesangon dari mana? Jadi posisinya enggak di PHK,” jelasnya.

Terang dia, penutupan hotel-hotel ini tentu saja berdampak juga pada keterisian restoran. Khusus restoran di dalam mal-mal telah menutup gerai. Namun demikian, hanya sebagian kecil saja restoran yang masih menyediakan layanan karena memang adanya permintaan melalui daring.

Loading...

”Yang sekarang restoran buka terbatas sekali karena mereka masih melayani order daring. Kalau yang tidak begitu punya pelanggan yang banyak mereka enggak bertahan,” pungkas dia. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: