Ini Dia Masjid Terapung Di Atas Selat Terpanjang Dunia

BNews—TRAVELING— Masjid satu ini tidak hanya cantik tapi juga unik. Tempat ibadah bagi umat muslim ini mengapung di selat terpanjang di dunia. Namanya adalah Masjid Selat Malaka.

Seperti Namanya, masjid ini berada di tepi Selat Malaka, Malaysia. Konstruksi bangunan memiliki tiang pondasi yang tertancap di dasar laut.

Saat laut pasang, masjid akan terlihat mengapung. Ini mengapa masyarakat menjuliki sebagai masjid apung.

Masjid Selat Malaka baru dibuka pada tahun 2006 lalu. Pembangunan masjid menghabiskan dana sekitar Rp36 miliar.

Meskipun terbilang bangunan baru, tetapi masjid ini sudah menjadi ikon dari Negeri Jiran. Keindahan masjid menjadi jadi pusat perhatian.

Masjid Selat Malaka memiliki luas 1,8 hektar. Dan mampu menampung 2.000 jamaah dalam sekali ibadah. Masjid ini nampak terlihat ramai penuh jejal saat tiba Salat Jumat.

Melihat masjid ini dari seberang pantai adalah salah satu spot terbaik. Bagi yang melihatnya akan terbuai dengan keindahan arsitektur gabungan gaya melayu dan timur tengah.

Loading...
Masjid Selat Malaka saat malam hari.

Kubah berwarna kuning dikombinasikan dengan dinding masjid berwarna putih. Bukan hanya menghadap ke lautan, dekorasi kaca setengah lingkaran dibuat megah di atas pintu masjid. Mempercantik tampilan rumah ibadah.

Waktu terbaik untuk melihat keindahan masjid ini adalah saat sunset dan malam hari. Lampu-lampu akan dinyalakan dan memberikan bias ke atas lautan. Banyak fotografer dunia yang datang untuk mengabadikan keindahan masjid ini.

Bukan hanya lampu-lampu masjid yang jadi penyegar malam di Selat Malaka. Menara setinggi 30 meter di masjid ini seakan jadi suar bagi kapal yang berlayar di lautan Malaka.

Siapa saja diperbolehkan masuk ke dalam masjid ini. Syaratnya satu, berpakaian yang sopan.

Bila mau, wisatawan bisa meminjam jubah dan tudung kepala yang disediakan oleh pengelola masjid.

Jika pandemi corona berakhir, cobalah untuk jalan-jalan ke masjid terapung ini. Waktu kunjungan dibuka mulai pukul 10.00-22.00 WIB waktu setempat. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: