Miliki 189 Kantong, Stok Darah PMI Kota Magelang Dipastikan Aman

BNews—MAGELANG— Stok labu darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang dipastikan aman. Sampai hari Jumat (14/2), Unit Donor Darah (UDD) PMI setempat (14/2), memiliki stok 189 labu darah.

Kepala PMI kota Magelang Sumartono melalui petugas pengambil darah, FX Adit menerangkan, jumlah labu pergolongan darah terdiri dari A ada 39 kantong. Kemudian B 58, O dan AB masing-masing berjumlah 46 kantong.

”Dengan jumlah segitu, ya, ideal untuk hari ini saja,” terangnya kepada Borobudur News.

Kendati aman, namun PMI Kota Magelang masih memerlukan stok darah sebanyak-banyaknya, termasuk salah satunya untuk cadangan. Beberapa cara pemenuhan diantaranya dengan donatur darah yang rutin datang ke UDD hingga jemput bola.

”Kalau mengandalkan donatur tetap jelas tidak mungkin (mencukupi). Makanya kami keluar menggelar donor darah saat instansi/ perusahaan mengadakan even,” ucapnya.

Ungkap dia, darah hasil dari pendonor tidak langsung diberikan kepada yang memerlukan. Darah tersebut harus melalui tahapan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan ada tidaknya pencemaran penyakit seperti HIV/AIDS, gejala  penyakit HIV, Hepatitis B/ C, Sifilis atau malaria.

”Kalau terbukti tercemar, langsung kita lakukan tindakan pembakaran darah. Sedang pendonor kami sarankan di rujuk ke dokter. Selain itu darah melewati batas penyimpanan maksimal 35 hari juga wajib dimusnahkan juga,” ungkap dia. Imbuh dia, untuk masyarakat yang membutuhkan darah akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp360 ribu perlabu. (cr1/han)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: