Ratusan Lampu Penerangan Jalan Umum di Magelang Dirawat Rutin

BNews—MUNGKID—Ratusan lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang terpasang di beberapa titik di Kabupaten Magelang terus dipantau fungsinya. Termasuk melakukan perawatan secara rutin.

Kasi Teknik Prasarana dan Sarana, Suhud Joko, mengatakan bahwa hampir tiap hari selama satu minggu dilaksanakan pemeliharaan dan perawatan Penerangan Jalan Umum. “Karena penerangan jalan umum dibawah Dinas Perhubungan sudah menjadi tugas kami melakukan perawatan dan pemeliharaan,” katanya mewakili Kabid Teknik Prasarana dan Sarana Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Ismail Deu (4/12).

“Memang belum semuanya, tetapi penyebaran titik penerangan jalan umum dilakukan secara bertahap. Adapun yang paling kurang adalah di Kecamatan Grabag, karena luas wilayahnya,” imbuh Suhud.

Dijelaskan juga untuk Penerangan Jalan Umum, yang disediakan oleh pihaknya diperuntukan khusus untuk jalan dengan status jalan kabupaten. Sedangkan jalan nasional dan provinsi hanya pemeliharaan dan perawatan saja.

“Pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum dilakukan oleh pihak ketiga. Dengan lampu LED yang lebih menghemat listrik dan efisien,” jelasnya.

“Untuk tahun 2020 sudah terdapat pengajuan Penerangan Jalan Umum di beberapa titik Kabupaten Magelang. Titik tersebut untuk jalur evakuasi 330 titik pengajuan, jalur wisata kosong, jalur rawan kecelakaan 60 titik pengajuan dan  310 pengajuan penerangan jalan umum sederhana,” paparnya.

“Pengajuan yang terletak di jalan berstatus kabupaten bisa kami tangani. Namun jika status atau lokasi di jalan Provinsi atau Nasional kami tidak bisa,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: