Ini Para Pemenang Lomba Festival Kali Elo 2019

BNews—MUNGKID—Penutupan Festival Kali Elo 2019 dibarengi pengumuman para juara lomba. Dalam event ini digelar Lomba Perahu Rafting Hias dan Lomba Kesenia Rakyat Magelang yang berjalan tanggal 5-7 Juli 2019 di Kaling kalih, Bojong, Mendut, Mungkid Kabupaten Magelang.

Event yang digelar oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Magelang ini merupan event tahunan kali keduanya. Enam pemenang dari masing-masing perlombaan sudah diumumkan dan diberikan hadian penghargaan langsung oleh Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso kemarin sore (7/7).

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Keluar sebagai juara-juara Perahu Rafting Hias ini adalah Juara 1 dari Energi Bumi, Juara 2 dari Elo River, Juara 3 dari Mendut Rafting serta juara harapan 1 dieperoleh Delta Rafting, Juara Harapan 2 : Rapid Volcano dan Juara Harapan 3 Citra Elo. Para juara ini saat parade perahu hias memarken hiasan perahu rafting mereka dengan fauna yang hidup di Kali Elo.

EVENT : Beberapa perahu rafting hias saat sampai di garis finish Kaling Kalih dalam rangkai Festival Kali Elo 2019 (Foto-- Borobudur News)
EVENT : Beberapa perahu rafting hias saat sampai di garis finish Kaling Kalih dalam rangkai Festival Kali Elo 2019 (Foto– Borobudur News)

Sebanyak 20 perahu peserta mengikuti parade tersebut. Peserta sendiri terdiri dari Paguyupan Arung Jeram Magelang (PAJM).  Untuk juri Parade Perahu Rafting hias ini adala Anis.F mewakili dari Pesona Magelang, Umar Khusaini mewakili Seniman Magelang dan Bagyo H mewakili PWI Kabupaten Magelang.


Sama halnya dengan Lomba Kesenian Rakyat Magelang diikuti 20 Kelompok kesenian berbagai jenis seperti topeng ireng, kubro, janthilan, soreng, kubrok dan lainnya. Mereka pentas dipanggung utama Festival Kali Elo 2019 tepat di pinggir Kali Elo.

Untuk lomba kesenian sendiri keluar sebagai juara yakni juara 1 diperoleh kelompok kesenia Topeng ireng New Klabang Ireng dari sabrang Blok M,  kalirejo,  Salaman, Juara 2 diperoleh Janthilan Wahyu Manunggal Budaya dari kajang kosong,  Mangunsoko Dukun, Juara 3 Topeng Ireng Arya rimba pager, bateh,  Candimulyo.

Serta untuk juara harapan 1 Soreng wahyu widodo : tukbugel, kancah, grabag, Juara harapan 2  Jathilan Wahyu Satrio Budoyo Pengarengan I, Kaliangkrik dan Juara harapan 3 Soreng eka budaya manunggal Pete, Kanigoro, Ngablak. Untuk juri kesenian ini adalah Dedy Panggung dan Dedy Kurniawan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang serta Anton Prabowo dari unsur Seniman ISI Yogyakarta.

Para pemenang ini berhak mendapatkan Piala Festival Kali Elo, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan. “Semoga event-event seperti ini selain mampu mempromosikan wisata di Magelang, juga mengenalkan seni dan budaya di Kabupaten Magelang,” ungkap Kepala Disparpora Kabupaten Magelang sebelum menutup rangkaian event ini.

Untuk lomba foto masih tahap penguploadan oleh peserta di akun Instagram. Nantinya lomba foto akan diumumkan tanggal 15 Juli 2019.(bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: