Ini Tahap Seseorang Pertama Kali Pakai Narkoba Hingga Sebabkan Kematian

BNews—MAGELANG— Narkoba atau narkotika dan obat-obatan terlarang tentu tidak asing di telinga. Tidak sedikit masyarakat yang ditangkap petugas berwenang karena kasus tindak penyalahgunaan.

Rentetan penyalahgunaan berbagai jenis narkoba pun beragam. Mulai dari Kesehatan diri sendiri sampai kerusakan sosial. 

Berikut Borobudur News rangkum proses ketergantungan narkoba dikutip dari buku Hidup Cuma Sekali, Kamis (8/7):

Kompromi

Di tahap ini, Kamu tidak tegas dalam menentang narkoba. Mulai banyak ada pengecualian-pengecualian. Padahal Kamu sendiri tahu bahayanya.

Coba-coba

Mulai nih rasa kepo muncul. Selain itu tidak segan juga menolak tawaran teman yang memang sudah jadi pemakai narkoba. Kamu mulai ikut-ikutan memakai narkoba untuk tetap eksis dalam pergaualan.

Toleransi

Setelah memakai narkoba beberapa kali, tubuh jadi toleran. Makanya, di tahap ini Kamu merasa perlu ada penambahan dosis yang lebih besar agar mendapat efek yang dikehendaki

Kebiasaan

Penggunaan narkoba sudah jadi kebiasaan yang mengingat dan mulai berpengaruh ke kehidupan sosialmu. Bakal mulai susah lepas dari narkoba di tahap ini.

Ketergantungan

Karena sudah terlalu terikat dengan naroba secara mendalam, akhirnya muncul ketergantungan dari diri. Kalau berhenti pakai atau dosisnya kurang, timbul gejala putus obat berupa nyeri atau bentuk penderitaan pada tubuh lainnya.

Intoksifikasi

Pemakaian narkoba yang terus-menerus mengakibatkan keracunan. Hal ini lantaran penyalahgunaan narkoba membuat kerusakan pada organ tubuh dan otak.

Meninggal Dunia

Kalau pemakaian narkoba sudah gawat dan penyakit makin ganas menyerang tubuh, bisa saja kejadian terburuk berupa kematian bisa terjadi. Hal ini lantaran berbagai penyakit itu sendiri atau overdosis.

Tahapan panjang proses ketergantungan narkoba ini memang harus dipahami sekaligus dihindari. Tidak mau kan kalau tubuh, lingkungan dan masa depanmu rusak gara-gara penyalahgunaan narkoba?

Akibat penyalahgunaan narkoba bisa membuat fungsi otak dan perkembangan terganggu. Mulai dari daya ingat menurun dan mudah lupa, sulit fokus, halusinasi, tidak bisa bertindak rasional, berkhayal terus-terusan, kemampuan belajar merosot, prestasi menurun, sampai gampang melakukan kekerasan.

Selain itu, penyalahgunaan narkoba juga bisa bikin gangguan kesehatan lain. Contohnya kerusakan atau gangguan fungsi organ tubuh. Seperti hati, jantung, paru-paru, ginjal, kelenjar endokrin dan sistem reproduksi. Lalu rentan tertular virus Hepatitis B dan Hepatitis C, HIV/ AIDS, penyakit kulit, infeksi menular seksual dan kurang gizi serta gigi menjadi rapuh atau mudah berlubang.

Perilaku juga bisa jadi berubah, lho. Seperti mudah tersinggung, mudah marah, sulit mengendalikan diri, menyendiri, hubungan dengan keluarga dan orang lain terganggu, gangguan mental seperti paranoid dan psikosis.

Nilai-nilai kehidupan agama, sosial budaya dan santun terus luntur. Tidak jarang, penyalahgunaan narkoba juga bisa berakibat munculnya tindak kejahatan, kekerasan dan kriminalitas. Kerusakan sosial pun juga bisa terjadi. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: