Inovasi Magelang Cerdas Masuk 10 Besar Nominasi Penerima Penghargaan Jateng

BNews–MAGELANG– Sebuah prestasi diterima oleh Pemkot Magelang asal karyanya di tahun 2020 lalu. Dimana  Inovasi “Magelang Cerdas” masuk Top 10 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat Jawa Tengah tahun 2020.

Atas prestasi ini, Kota Magelang mendapatkan piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Piagam diterima Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina di ruang rapat kantor Gubernur Jawa Tengah, Kamis (4/2/2021).

“Satu inovasi Kota Magelang, yakni ‘Magelang Cerdas’ masuk Top 10 KIPP Jawa Tengah. Kita selalu langganan juara kalau untuk pelayanan publik,” kata Windarti, usai menerima penghargaan.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang menandakan Kota Magelang mampu memanfaatkan potensi yang ada untuk pelayanan publik, dalam hal ini teknologi digital.

Aplikasi “Magelang Cerdas” terbukti bisa diterima di semua lini, khususnya organisasi perangkat daerah (OPD) yang menyangkut pelayanan publik. Harapan ke depan, inovasi ini bisa maju ke kompetisi tingkat nasional.

“Masyarakat bisa mengakses data tentang Kota Magelang hanya dengan satu sentuhan (One Stop Public Service and Information Portal with One Touch),” jelasnya.

Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang juga mendapat penghargaan Top 10 KIPP antara lain Kabupaten Klaten, Kabupaten Wonogiri, dan Kota Semarang.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Teknologi Informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomista) Kota Magelang, Wikan Kanugroho menjelaskan, “Magelang Cerdas” adalah inovasi yang digagas oleh Diskominsta.

Inovasi ini adalah sebuah aplikasi berisi data-data tentang Kota Magelang yang bisa langsung diakses dan dinikmati masyarakat.

Di aplikasi itu, jelas Wikan, pengguna dapat melihat CCTV di beberapa taman kota, ketersediaan darah di PMI, ketersediaan tempat tidur (TT) di rumah sakit, hingga spot wifi gratis di tempat-tempat publik. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: