Intip Lomba Pengelolaan Sumber Mata Air Progo

BNews—MUNGKID— Perlombaan Pengelolaan Sumber Mata Air Wilayah Progo Hulu tingkat provinsi Jateng digelar hari ini (29/10). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bagian Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Jawa Tengah.

Lomba Korpokla (Koordinator Kelompok Pengelola) merupakan kegiatan rutin DPU. “Lomba ini dilakukan antara OP dan Korpokla. Yang mewakili balai kami PSDA Probolo Pokla Progo Hulu yang berada di Secang ini,” Diah Purbandari selaku Kepala Balai PSDA Probolo.

Advertisements


Untuk lomba ini dalam penilaian dilakukan di kantor dan di lapangan. “Di kantor pemeriksaan dari sisi administrasi. Nanti di lapangan di Bendung Soropadan apakah yang sudah ditulis di sini sudah dipraktekkan di bendungannya,” imbuhnya.


Dalam lomba ini ada 5 juri yang mengoreksinya. Mereka yakni Juri OP Irigasi, OP Sungai, data pendukung, administrasi, dan sekretariat.

Dian juga mengungkapkan bahwa tujuan dari lomba ini adalah untuk melakukan pembinaan Korpokla di bawah Balai apakah sudah sesuai dengan SOP atau belum. “Dalam hal ini Dinas juga melakukan evaluasi apakah sarana dan prasarana di masing-masing Korpokla sudah sesuai dengan yang diinginkan dari dinas. Untuk pemenang akan diberi apresiasi uang pembinaan untuk memperbaiki sarana dan prasarana, kembali ke institusinya,”ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa lomba ini digelar Se-Jawa Tengah yakni ada 6 Balai. Setelah ini ada sarasehan di Balai tanggal 16 November.

Dari setiap perwakilan akan memaparkan materi yang dilombakan, duduk, ditanyai dewan juri. “Semoga dengan adanya lomba ini mereka semakin meningkatkan sesuai SOP. Sekarang sudah mewakili harapannya bisa menjadi lebih baik,” harapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS DI HANDPHONE KALIAN (KLIK DISINI)

Ia juga berharap dengan adanya Korpokla ini  bisa menjadi penyemangat untuk Korpokla yang lain. “Kami optimis karena sudah berusaha semaksimal mungkin,” tegasnya.

Sementara Rahman Wahyu Adi Kartik selaku Kepala Bidang Irigasi dan Air Baku menambahkan berbagai macam kegiatan dari Korpokla. “Korpokla dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan sumber daya air, baik itu irigasi, air sungai, termasuk melakukan pembinaan,” tambahnya.

“Saya berharap dengan lomba korpokla ini kemampuan SDM, peralatan perkantoran meningkat. Semua dalam kondisi ideal. Ini kebetulan Korpokla dilaksanakan setiap tahun. Sudah tahun kedua atau ketiga,” ujarnya.

“Korpokla itu tugasnya seperti kepala dinas, dengan lingkup yang lebih kecil. Tidak hanya operasional dan pemeliharaan, tapi juga pengamanan asetnya,” bebernya.

“Korpokla ini sebagai ujung tombak Disputaru. Keberhasilan dinas berawal dari Korpokla, sehingga kedepan pelayanan kepada masyarakat terus menigkat,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: