ISNU Magelang Gandeng CEMSED Kembangkan UMKM Daerah

BNews-MAGELANG– ISNU Kabupaten Magelang kembali menggelar FGD (Focus Group Discussion). Kali ini mereka menggandeng CEMSED (Center for Micro and Small Enterprise Dinamics).

Perlu diketahui, CEMSED adalah sebuah lembaga pusat studi yang telah berpepengalaman dalam melakukan penelitian; dan pembinaan pada pengusaha mikro dan kecil (UMKM). Untuk kantornya sendiri berada di Salatiga,.

FGD diadakan pada hari Jumat (8/9/2023) jam 09.00- 11.15 wib di kantor CEMSED Salatiga. Acara tersebut berdiskusi dengan kajian pengembangan ekonomi UMKM NU.

Acara FGD ini diikuti sejumlah 8 orang perwakilan penguru harian PC ISNU Kabupaten Magelang.

Wakil Ketua I ISNU Kabupaten Magelang Mahmud, S.H mengatakan bahwa ISNU Magelang di bidang ekonomi; akan fokus di bidang UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah).

“Karena UMKM adalah kekuatan jamiyah Nahdlatul Ulama di bidang ekonomi. Dan mayoritas warga nahdliyin bergerak dibidang UMKM dan pengelolaan jamiyah di bidang UMKM belum tersentuh,” katanya.

Maka, lanjutnya ISNU Magelang akan melakukan program kerja pendampingan, fasilitasi dan riset pengembangan; guna untuk memfasilitasi Jamiyah yang bergerak mata pencaharian sehari- sehari dibidang usaha mikro.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Setelah kegiatan FGD ini, adanya tindak lanjut program klasterisasi UMKM NU di Kabupaten Magelang ; kerjasama dengan CEMSED,” tandas Mahmud yang juga Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Magelang.

Semenrara perwakilan CEMSED, Bayu Wijayanto, SE., M.Si yang mengapresiasi dari ISNU Magelang melakukan kerjasama dengan pihaknya. “Fokus CEMSED adalah melakukan penelitian dan pembinaan pada pengusaha kecil; dilakukan pada tahun 1993 sebagai Pusat Studi Dinamika dan Promosi Usaha Kecil,” katanya.

Hingga sekarang, lanjutnya pusat studi ini telah melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga (pemerintah atau non pemerintah dari dalam maupun luar negeri); untuk melakukan penelitian, seminar, lokakarya, pelatihan dan pendampingan pada pengusaha kecil atau pembina usaha kecil.

“Maka yang paling utama dibidang UMKM Strategi program klasterisasi UMKM dalam bentuk klaster meliputi integrasi vertical; dari hulu-hilir, dari pengelolaan produk turunan sampai marketing pemasaran. Konsep spiritual dibidang ekonomi harus menyatu serta kesejahteraan ekonomi menjadi kenyataan,” paparnya.

Maka, kata Bayu hal tersebut untuk riset pengembangan CEMSED ini siap kolaborasi dengan ISNU Magelang di UMKM NU. “Harapanya supaya UMKM NU bisa mendongkrak kemajuan ekonomi di Kabupaten. Setelah kegiatan FGD ini dilakukan foto bersama antara pihak ISNU Kab Magelang dan CEMSED, kemudian kedu belah pihak akan menindak lanjuti menyusun kerngka roadmap untuk Renstra jangka pendek, menengah dan jangka panjang program pendampingan dan riset pengembgangan UMKM NU di Kabupaten Magelang,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!