Israel Ubah Masjid Palestina Jadi Tempat Hiburan

BNews—NASIONAL— Israel mengubah bangunan bersejarah Masjid Al Ahmar menjadi bar dan aula pesta pernikahan 2019 lalu. Masjid ini merupakan salah satu bangunan bersejarah milik warga Palestina dari abad ke-13 yang berada di Safed.

Masjid Al Ahmar dikuasai oleh geng-geng Yahudi pada 1948. Bangunan ini semula diubah menjadi sekolah Yahudi dan kemudian menjadi pusat kampanye pemilu Partai Likud.

Masjid ini diubah menjadi bar dan aula pesta pernikahan oleh perusahaan yang berafiliasi dengan pemerintah Israel. Sebelum menjadi bar, masjid ini juga sempat digunakan sebagai gudang pakaian.

Selain berubah fungsi, namanya juga turut diubah dari Masjid Al-Ahmad menjadi Khan Al-Ahmad.

Sekretaris Safed and Tiberias Islamic Khair Tabari mengatakan, ia telah menunggu keputusan pengadilan Nazaretuh terkait gugatan yang diajukan. Dirinya meminta untuk memgembalikan fungsinya menjadi masjid.

”Saya telah menyerahkan dokumen untuk membuktikan kepemilikan umat Islam atas masjid tersebut,” ujarnya.

Sejarawan asli Safed Dr Mustafa Abbasi mengungkapkan, Masjid Al-Ahmar dibangun pada tahun 1276 memiliki nilai historis dan arsitektur yang langka.

”Masjid Al-Ahmar mendapatkan namanya dari batu merahnya. Hari ini, masjid ini digunakan dalam berbagai cara tetapi bukan sebagai ruang sholat bagi umat Islam,” ungkapnya.

Tabari menjelaskan, perubahan fungsi masjid membuatnya terbuka untuk digunakan oleh semua orang, kecuali umat Islam. Safed merupakan daerah yang pernah dihuni oleh 12 ribu warga Palestina yang kemudian diusir dari rumah mereka oleh pemerintah Israel pada 1948. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: