Jalur Evakuasi Gunung Merapi di Kabupaten Magelang Selesai Diperbaiki

BNews—MAGELANG—Proses perbaikan jalur evakuasi yang rusak di lereng Gunung Merapi telah selesai dilakukan. Tak hanya jalur yang menuju Desa Ngargomulyo, namun juga yang ke Krinjing dan Paten di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magelang David Rudiyanto. Ia menyebut bahwa pemeliharaan dan perbaikan jalan khususnya di tiga desa tersebut telah selesai di lakukan.

”Jalan yang rusak di kawasan tersebut sudah dilakukan penambalan dan siap digunakan untuk evakuasi warga jika Gunung Merapi sewaktu-waktu erupsi,” katanya, Rabu (2/12/2020). Dikutip dari Antara.

Kendati demikian, ia menyebut bahwa apabila ada rekomendasi meluas untuk desa yang harus mengungsi  maka pihaknya mengaku kesulitan. Lantaran, sejumlah wilayah ada yang kerusakan jalannya memerlukan perbaikan lebih besar.

”Jalur evakuasi terutama di Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung. Di sana tidak bisa untuk pemeliharaan, jalan harus dilapis ulang secara total,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa jalur evakuasi tidak hanya jalan kabupaten saja. Melainkan, jalan desa pun bisa digunakan untuk jalur evakuasi.  ”Kita tangani untuk jalan kabupaten, untuk yang jalan desa ada juga yang rusak,” kata David.

”Suatu saat nanti perlu dibicarakan untuk jalur evakuasi itu dibuatkan surat keputusan sendiri. Dianggarkan sendiri sehingga tidak ribut kalau ada tanda-tanda terjadi bencana. Jadi setiap saat kondisi jalur evakuasi itu mulus dan sewaktu-waktu Gunung Merapi erupsi jalur evakuasi tetap siap,” tutupnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: