Jateng Jadi Produsen Durian Kedua di Indonesia

BNews–NASIONAL– Siapa tidak suka akan buah yang memiliki rasa dan bau khas ini. Manis legit dan ada yang sedikiti pahit menjadi salah satu ciri buah yang diberi nama durian ini.

Perlu diketahui juga, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil durian terbaik di dunia. Buah dengan aroma menyengat ini masuk dalam deretan buah yang harganya cukup mahal.

Keistimewaan buah durian, musim berbuahnya berbeda di setiap daerah. Seolah digilir, panen durian tak serentak dimulai dari Aceh hingga ke Papua dengan waktu masa berbuah yang berbeda.

Mengutip data dari Publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Desember 2019 terdapat daerah penghasil durian terbanyak di Indonesia. Tentunya memilki keistimewaan masing-masing setiap daerah.

Mulai dari Jawa Timur jadi provinsi dengan produksi buah durian terbesar di Indonesia. Pada tahun 2018, durian yang dipanen dari pohon-pohon petani di Jawa Timur mencapai 276.426 ton. Angka tersebut naik dibandingkan jumlah panen durian di tahun 2017 sebesar 227.952 ton.

Sementara provinsi produsen durian terbesar kedua disandang Jawa Tengah dengan volume panen 143.227 ton di 2018. Sementara di tahun 2017 produksinya tercatat 91.386 ton.

Posisi ketiga ditempati Jawa Barat dengan produksi durian di 2018 sebesar 95.056 ton. Lalu ada Sumatera Utara dengan jumlah panen 82.873 ton.

Provinsi lainnya yang jadi sentra durian terbesar di Indonesia antara lain Banten sebanyak 77.629 ton, Sumatera Barat 57.670 ton. Ada juga Sumatera Selatan 56.845 ton, lalu Sulawesi Selatan sebesar 35.808 ton.

Jadi para penggemar durian di Indonesia bisa menikmati durian dimana saja saat musim panenya. Tidak usah khawatir tidak ada, kerena setiap wilayah masa panenya berbeda-beda. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: