Jelang Akhir Tahun, Polresta Magelang Gelar Operasi Lilin Candi 2023

BNews-MAGELANG– Polresta Magelang melaksanakan Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Candi 2023, Jumat (22/12/2023). Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolresta Magelang, KBP Mustofa, S.I.K., M.H., yang diwakili oleh Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H., S.I.K., M.H.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Bupati Magelang yang diwakili oleh Sekda Drs. Adi Waryanto, Dandim 0705/Magelang; diwakili Pabung Kapten Inf Rizky Sudarmanto, serta sejumlah pejabat terkait dan tokoh masyarakat.

Wakapolresta Magelang menyampaikan bahwa Gelar Pasukan ini merupakan bagian dari persiapan operasi keamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sebanyak 317 personel dari berbagai instansi, termasuk Kodim 0705/Magelang, Kompi Brimob BKO, Personel Polri Polresta Magelang, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, BPBD, dan Security Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), mengikuti Gelar Pasukan ini.

Dalam amanatnya, AKBP Roman Smaradhana Elhaj membacakan amanat dari Kapolri dan menekankan bahwa Gelar Pasukan ini bertujuan untuk melakukan pengecekan terakhir terhadap kesiapan personel dan sarana prasarana demi kelancaran pelaksanaan Operasi Lilin Candi.

“Operasi Lilin 2023 melibatkan 129.923 personel dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya. Mereka akan ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan,” demikian isi amanat tersebut.

Dalam konteks ini, pengamanan Natal dan Tahun Baru dianggap sebagai tugas rutin yang harus dilaksanakan dengan optimal. Potensi pergerakan masyarakat diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143,65% dibandingkan tahun sebelumnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Pengaturan lalu lintas, pengamanan objek vital, dan antisipasi terorisme menjadi fokus utama pengamanan ini,” tegas Wakapolresta Magelang.

Kepada seluruh peserta Gelar Pasukan, diingatkan untuk memahami dan mengimplementasikan kebijakan yang telah dikeluarkan. Hal-hal seperti pembatasan operasional angkutan barang, rekayasa lalu lintas, dan pengaturan arus lalu lintas penyeberangan laut.

“Perhatian khusus perlu diberikan pada lokasi dan jalur menuju objek wisata untuk mencegah kemacetan dan memberikan kenyamanan kepada wisatawan,” pesannya.

Sinergisitas dan soliditas antarinstansi diharapkan dapat mendukung kelancaran tugas pengamanan, dengan harapan keberhasilan Operasi Lilin 2023. Keselamatan personel harus dijaga, tugas harus dijadikan sebagai ladang ibadah, dan setiap informasi harus disampaikan dengan baik kepada masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel dan pihak terkait yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Lilin 2023. Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti hati kita semua, demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” pungkas Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: