Jelang Waisak, Umat Buddha dan TNI Bersihkan Taman Makam Pahlawan

BNews—JATENG— Puluhan umat Buddha menggelar kegiatan bersih-bersih Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Bhakti Desa Kabongan Kidul, Rembang, Sabtu (22/5). Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Raya Waisak 2565BE pada 26 Mei 2021.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 70 umat Buddha ini juga dibantu personel TNI dan dinas sosial setempat. Meski diikuti puluhan orang, mereka tetap memberlakukan protokol kesehatan ketat, salah satunya mengenakan masker.

Dua orang biksu dari Vihara Ratanavana Arama Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem, hadir memimpin bersih-bersih dan doa bersama di tengah makam pahlawan. Biksu Piyadhiro Thera mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sebagai bentuk bhakti umat Budha kepada para pahlawan yang sudah mengorbankan tenaga, pikiran hingga nyawa demi kemerdekaan Indonesia.

”Kalau bukan kita yang menghargai, siapa lagi. Kalau tidak saat ini, kapan lagi,” katanya.

Menurut Biksu Piyadhiro, hal ini sejalan dengan tema Waisak tahun 2021, yakni ’Cinta Kasih Membangun Keluhuran Bangsa,’ ujarnya. Ia mengungkapkan, cinta kasih terhadap sesama harus ditingkatkan termasuk kepada pemerintah.

“Bagaimana kita selalu berpikir, berucap dan bertindak yang baik. Mempraktekan cinta kasih, supaya kita menjadi bangsa yang luhur,” katanya.

Menurut rencana, puncak perayaan Waisak berlangsung hari Rabu, 26 Mei mendatang. Guna menyambut detik-detik Waisak, umat dijadwalkan berkumpul di Vihara Ratanavana Arama Sendangcoyo, mulai Rabu sore.

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, perayaan akan dilaksanakan secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, PT TWC Borobudur mengkonfirmasi untuk tahun 2021 ini tidak ada perayaan Waisak di Candi Borobudur. Yang ada Waisak virtual oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) di JEC. Dan waisak tahun ini secara terbatas akan dilakukan di kompleks Candi Sewu Prambanan. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: