Jengkol Ternyata Ampuh Untuk Bunuh Sel Kanker

BNews—HEALTH— Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang ditakuti. Namun, siapa sangka, jengkol disebut-sebut sebagai makanan yang bisa mencegah penyakit ini.

Jengkol memang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Namun, banyak orang tidak suka karena efek bau yang ditimbulkan. Namun, di kalangan pecinta makanan berbau kuat ini bahkan menyebut jengkol lebih nikmat dari daging.

Bagi sebagian orang yang menyukainya, termasuk beberapa artis tanah air, jika sudah dimasak dan dijadikan makanan dengan sambal bajak, jengkol rasanya luar biasa dan bikin nagih.

Tak tanggung-tanggung, manfaat jengkol disebut bisa 10.000 lebih efektif dibanding kemoterapi.

Lembaga kesehatan Swedia, Institute of Health Sciences, memang menyatakan jika jengkol memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik.

Tak hanya mengandung protein, kalsium, fosfor dan zat besi, jengkol juga mengandung banyak vitamin. Seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Senyawa yang terdapat dalam jengkol inilah yang bisa memberi manfaat pada tubuh termasuk membunuh sel kanker.

Pernyataan ini pun lantas diperkuat dengan hasil penelitian dari Universitas Sains Malaysia. Di mana penelitian ini dibuat untuk menunjukkan pengaruh ekstraksi jengkol dalam menghambat pertumbuhan penyakit seperti kanker, peradangan kronis di sistem imun dan diabetes. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: