Jika Merapi Erupsi, Desa Deyangan Magelang Siapkan 13 Titik Pengungsian

BNews–MERTOYUDAN- Guna antisipasi ledakan pengungsi merapi, salah satu Desa penyangga di Kabupaten Magelang siapkan tambahan tempat akhir evakuasi (TEA). Seperti yang dilakukan Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan, yang sebagai Desa Penyangga dari Desa Krinjing Kecamatan Dukun.

Kepala Desa Deyangan, Risyanto mengaku telah menyediakan 13 titik pengungsian di wilayahnya bagi warga dari Desa Krinjing.

“Kita memang sudah sediakan 13 titik pengungsian diaman saja, termasuk nanti bagi pengungsi yang sehat maupun sakit. Bahkan tempat ibadah sudah kami tempatkan yang dekat, misal Katolik nanti kita siapkan gereja juga,” katanya saat diwawancarai Borobudurnews.com (2/12/2020).

Dia juga menyampaikan, 13 titik pengungsian tersebut kita siapakan untuk 2240 jiwa warga Desa Krinjing jika memang harus mengungsi dikala erupsi merapi terjadi besar.

“Nanti sebagian besari di SMP 1 Kota Mungkid dan SMK Kota Mungkid. Di kedua tempat ini sudah ada 40 bilik lokal tersedia, untuk kekurangan-kekurangan nanti ada lampu, air dan lainnya menyusul,” paparnya.

Risyanto menegaskan bahwa untuk Desa Deyangan sebagai Desa Penyangga dari Desa Krinjing sudah siap semua.

“Kami sudah siap untuk kedatangan saudara kita warga Krinjing. Kami juga siapkan pengungsian satu tempat pengungsian hewan ternak, di lahan nganggur seluas kurang lebih 5 hektar,” paparnya.

“Kami mencatat sebanyak 954 ekor sapi dan 139 ekor kambing milik warga Desa Krinjing. Data ini ya kerja sama dari Perangkat Desa Krinjing, jadi data sudah siap semua. Sehingga persiapan bisa maksimal,” tegasnya.

Terkait ketersedian logistik di pengungsian saat ini, Kata Risyanto masih cukup untuk melayani 119 jiwa warga kelompok rentan dari Desa Krinjing dan beberapa anggota relawan.

“Namun untuk hal ini kita belum tahu sampai kapan, karena terakhir masa tanggap darurat diperpanjang 15 hari kedepan. Sehingga bantuan logistik tetap kita terima untuk persediaan kedepan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: