Baracuda Hingga Warer Canon Disiagakan Jaga Keamanan Borobudur

BNews-MUNGKID- Keamanan Candi Borobudur ditingkatkan. Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono menyatakan akan melakukan pengamanan untuk mengantisipasi tindakan yang tidak diinginkan.

 

Hal itu diungkapkan Kapolda saat memimpin gelar pasukan pengamanan alsi Save Rohingnya di Lapangan Drh.Soepardi Sawitan Magelang pagi tadi (7/9). Pantauan Borobudurnews saat gelar pasukan sejumlah peralatan juga disiapkan. Diantaranya watercanon, mobil baracuda, tim khusus, dan ditambah mobil pemadam kebakaran.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono menjelaskan bahwa gelar ini diikuti 28 SKS personil kepolisian yakni 2800 anggota. “Total 3000an pasukan kepolisian digabung dengan TNI, Damkar, Satpol PP dan Dishub,” katanya kepada awak media.

Pengamanan maksimal ini katanya untuk tetap menjaga kodusifitas selama aksi. “Kita tidak terlalu undar estemet tetapi kita harus selalu siap dengan langkah-langkah persiapan pendekatan dengan ormas yang akan melaksanakan aksi sudah kita lakukan,” imbuhnya.

Keamanan berlapis akan diterapkan dengan membuat area ring satu sampai tiga dan sekat-sekat pemeriksaan. “Nanti ring satu di daerah Candi Borobudur, Ring dua daerah sekitar seperti candi mendut, masjid An-Nur serta ring tiga di sekat masuk wilayah dan tetap akan dilakukan pemeriksaan ketat,” terangnya.

Kapolda menambahkan pihaknya tidak bisa melarang kegiatan aksi doa bersama dan shalat jumat di masjid An Nur. “Kita tidak larang jika akan sholat jumat bersama, doa bersama dan penggalangan dana di Masjid An-Nur namun tidak boleh melakukan orasi dan membawa atribut spanduk dan sejenisnya karena memang tidak boleh melakukan orasi di tempat ibadah,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: