Kabar Mengejutkan, Temuan Makam Firaun Terbaru Diumumkan

BNews–NASIONAL– Kabar mengejutkan datang dari negara Mesir di Benua Afrika sana. Pasalnya satu demi satu benda peninggalan Mesir kuno terungkap kembali, bahkan seolah tak ada habisnya.

Kementerian purbakala belum lama ini mengumumkan penemuan makam raja Mesir Firaun di Provinsi Minya.

Kepala Dewan Tertinggi Kepurbakalaan, Mostafa Waziri, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (23/9/2020), mengatakan, makam itu digali oleh tim arkeolog yang bekerja di situs Tuna Al Gabal, Minya.

Sebuah peti mati terbuat dari batu kapur serta patung ushabti terbuat dari tembikar ditemukan di dalam makam itu. Waziri memastikan seluruh benda tersebut masih dalam kondisi baik.

Pemeriksaan awal menunjukkan, makam tersebut milik seseorang bernama Jahouti Umm Hoteb dari Dinasti ke-26 yang memerintah Mesir antara 664-525 sebelum Masehi.

Diterangkan, orang tersebut bekerja sebagai pengawas takhta. Dia merupakan putra Hersa Est, yang peti matinya ditemukan oleh tim yang sama pada 2018.

Pada Minggu (20/9/2020), kementerian juga mengumumkan penemuan 14 peti mati di Saqqara. Peti-peti terbuat dari kayu itu sudah terkubur selama 2.500 tahun.

Loading...

Makam baru tersebut ditemukan pada Jumat (18/9/2020) saat ekskavasi arkeologi, menyusul temuan 13 peti kayu serupa di tempat yang sama pekan sebelumnya.

Wilayah Saqqara yang luas di sebelah selatan Kairo merupakan bagian dari ibu kota kuno Memphis yang masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Saqqara merupakan situs Piramida Djoser yang bentuknya seperti tangga. (*/Lubis)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: