Kaki Pegal-pegal di Malam Hari, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

BNews—KESEHATAN— Apakah Anda pernah merasakan kaki pegal di malam hari? Kondisi ini tentunya tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu tidur Anda.

Ada sejumlah penyebab kaki pegal di malam hari yang mungkin terjadi, mulai dari gaya hidup hingga penyakit tertentu. Perawatan yang tepat dapat membantu mengatasi masalah ini.

Cara mengatasi pegal di malam hari bisa dilakukan di rumah ataupun dengan bantuan medis agar kondisi yang Anda alami tidak semakin memburuk.

Penyebab kaki pegal di malam hari

Berikut adalah sejumlah penyebab kaki pegal di malam hari yang perlu Anda ketahui.

Gaya hidup

Jika pekerjaan mengharuskan Anda berdiri dalam waktu yang lama, kondisi ini bisa menyebabkan kaki pegal di malam hari. Terlalu lama berdiri memicu kelelahan pada otot-otot kaki. Kelelahan otot juga dapat menimbulkan kram dan nyeri kaki karena kurangnya oksigen dalam tubuh ataupun terjadinya penumpukan zat sisa.

Selain berdiri lama, penyebab kaki pegal di malam hari dapat berupa penggunaan sepatu yang tidak nyaman, duduk atau berjalan terlalu lama, dan tidur dengan posisi tertentu, misalnya kaki menekuk.

Kehamilan

Ketika hamil, terkadang Anda juga dapat merasakan kaki pegal di malam hari. Kondisi ini terjadi karena cara tubuh memproses kalsium mengalami perubahan selama kehamilan. Selain pegal, perubahan kadar kalsium juga bisa menyebabkan kaki terasa nyeri.

Diabetes

Penyebab kaki pegal di malam hari berikutnya adalah diabetes. Kondisi ini dapat memengaruhi sirkulasi darah. Jika terjadi penurunan sirkulasi darah di kaki, otot-otot kaki dapat kekurangan oksigen sehingga terasa pegal.

Tingginya kadar gula darah juga dapat merusak sistem saraf pusat, termasuk saraf di kaki. Ketika kerusakan semakin parah, Anda dapat merasakan sangat nyeri dan kesemutan pada kaki.

Saraf kejepit

Saraf kejepit merupakan kondisi saraf tertekan oleh bagian-bagian di sekitarnya sehingga menyebabkan sejumlah masalah. Misalnya, tekanan pada saraf skiatika di kaki dapat menyebabkan pegal dan nyeri di malam hari. Rasa sakitnya bahkan bisa menjalar dan terasa sangat tidak nyaman.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Neuropati perifer

Neuropati perifer adalah kerusakan pada sistem saraf tepi yang sering memengaruhi kaki dan tungkai. Gejalanya bisa terasa lebih buruk di malam hari dan berkembang selama beberapa waktu.

Penderita neuropati perifer dapat merasakan pegal, nyeri, kesemutan, sensasi terbakar, hingga mati rasa pada kakinya. Risiko Anda terkena kondisi ini dapat meningkat jika mengalami cedera fisik, infeksi virus, atau mengonsumsi alkohol berlebihan.

Sindrom kaki gelisah

Sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome juga bisa menjadi penyebab kaki pegal di malam hari. Penderita sindrom kaki gelisah merasakan sensasi yang tak biasa pada kakinya, seperti gatal, berdenyut, pegal, atau tertusuk.

Sensasi tersebut menimbulkan dorongan yang kuat untuk menggerakan kaki. Gangguan sistem saraf ini umumnya memburuk di malam hari, bahkan dapat menyebabkan tidur Anda terganggu.

Plantar fasciitis

Plantar fasciitis merupakan peradangan jaringan ikat yang membentang dari tumit hingga jari kaki. Banyaknya tekanan pada jaringan tersebut bisa menyebabkan peradangan dan menimbulkan nyeri pada tumit. Kaki juga dapat terasa pegal di malam hari sehingga terasa tidak nyaman.

Fibromyalgia

Penyebab kaki pegal di malam hari lainnya adalah fibromyalgia. Ini adalah kondisi kronis yang ditandai dengan pegal linu di sekujur tubuh, termasuk kaki. Pada malam hari, rendahnya kadar hormon antiradang kortisol dapat memperburuk keluhan tersebut

Cara mengatasi kaki pegal di malam hari

Setelah memahami penyebab kaki pegal di malam hari, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasinya.

Beberapa perawatan di rumah dapat membantu meredakan pegal yang ringan. Berikut cara mengatasi kaki pegal di malam hari yang dapat Anda coba:

  1. Minum banyak air putih untuk memindahkan cairan ke seluruh tubuh sehingga menurunkan risiko penumpukan cairan di kaki.
  2. Lakukan peregangan kaki untuk memperkuat otot dan meredakan tekanan, terutama jika Anda berdiri terlalu lama.
  3. Menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak sempit.
  4. Berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit setiap hari.
  5. Jika pegal disertai dengan rasa sakit yang tajam, cobalah letakkan kompres es di kaki Anda.
  6. Pijat kaki dengan lembut untuk memperlancar sirkulasi, dan meredakan ketegangan pada otot.

Apabila berbagai cara mengatasi kaki pegal di malam hari ini tidak menunjukkan hasil yang positif, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk kondisi Anda. (*)

Sumber: sehatq

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: