Kandang Ayam di Ngluwar Magelang Terbakar, Diduga Akibat Bara Kompor Pemanas yang jatuh

BNews—MAGELANG— Sebuah kandang ayam di Desa Bligo, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang terbakar pada Rabu (26/10/2022) malam.

Kapolsek Ngluwar Iptu Muhammad Honi Zulqirom mengungkap kejadian diketahui sekira pukul 23.00 WIB. Saat itu saksi 1, Sarimin (55) mendengar bunyi bambu terbakar. Kemudian mengecek kandang dan ternyata api sudah membakar dinding dan lantai kandang.

”Saksi 1 pun memberitahu saksi 2, Rifan Cahya (20) dan meminta pertolongan kepada warga,” ungkapnya.

Kemudian datang petugas Damkar dan langsung melakukan pemadaman api. Dibantu anggota Polsek Ngluwar, anggota Koramil Ngluwar, dan masyarakat sekitar.

”Satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Untuk kerugian materiil ditaksir mencapai Rp80 juta,” ujar Honi.

Dia menyebut, kandang ayam yang terbakar berukuran 8 x 25 meter, terbuat dari tiang cor beton, lantai panggung bambu dan atap seng. Kandang tersebut berisi DOC (anakan ayam) usia 2 hari sekitar 9.000 ekor, dan lokasinya jauh dari permukiman penduduk.

“Kandang ayam ini milik Ridha Adi Anggela (26) beralamat di Desa Bligo, Kecamatan Ngluwar,” imbuhnya.

Terkait penyebab peristiwa tersebut, lanjut Honi, dugaan sementara kebakaran kandang ayam berasal dari bara kompor pemanas yang jatuh ke lantai kandang.

”Di mana di lantai kandang terdapat sekam padi kering dan terbakar, kemudian menjalar ke dinding kandang,” pungkasnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!