Kasus Covid di Wonosobo Terus Bertambah Tembus 79 Orang

BNews—WONOSOBO—Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Wonosobo melonjak setelah sepekan tidak ada kenaikan. Sebanyak delapan orang dinyatakan positif sehingga kasusnya meningkat dari 71 jadi 79 kasus, pada hari Rabu (3/6/2020).

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkab Wonosobo dr Mohammad Riyatno. Meski beberapa waktu terakhir sempat terjadi tren kesembuhan hampir 78%, namun bukan berarti potensi penularan Covid-19 sudah selesai.

Buktinya, ada penambahan delapan kasus positif. Hal itu mengindikasikan bahwa potensi penyebaran virus corona di daerah masih tinggi.

“Adanya lonjakan tentu menjadi perhatian serius untuk lebih meningkatkan upaya pencegahan dengan memutus mata rantai penyebaran,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, riwayat kontak antara pasien positif Covid-19  perlu diwaspadai. Sebab tidak menutup kemungkinan akan terus memicu terjadinya transmisi lokal.

Sementara itu, dari 79 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Wonosobo, mereka tersebar di 13 kecamatan.  ”sebanyak 24 orang masih menjalani perawatan medis di ruang isolasi rumah sakit, dan sisanya, 55 orang telah dinyatakan sembuh,” jelasnya.

lanjut Riyatno, penambahan juga terjadi pada Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Jumlah kasus PDP meningkat menjadi 291 kasus.

”Dari jumlah tersebut, sebanyak 249 PDP telah sembuh, 36 lainnya masih dirawat di rumah sakit, dan 6 PDP meninggal dunia,” imbuh dia.

Lanjutnya, Tim Gugus Tugas dipimpin langsung Bupati Wonosobo Eko Purnomo gencar melakukan rapid test di pasar-pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Langkah ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

 ”Selain itu juga menjadi sarana untuk memetakan persebaran dan potensi penularan Covid-19 di daerah,” tandasnya,

Selain itu, tambah Riyatno, pihaknya juga terus mengimbau masyarakat agar tetap mentaati protokol kesehatan. “Seluruh warga wajib memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun, tetap jaga jarak, dan hindari kerumunan massa,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: