Kasus Pemerasan Terungkap di Wonosobo, Tiga Tersangka Masih Dibawah Umur

BNews—WONOSOBO—Jajaran Polres Wonosobo mengungkap kasus pemerasan yang melibatkan anak di bawah umur. Modus yang dilakukan para pelaku dengan menjadikan dua anak baru gede (ABG) menjadi umpan.

Wakapolres Wonosobo Kompol Sigit Ariwibowo menuturkan, kasus tersebut bermula ketika korban yang merupakan seorang remaja laki-laki berniat menemui dua perempuan yang dikenalnya melalui Facebook. Mereka sepakat bertemu di Bukit Sembrani di Desa Krinjing, Kecamatan Watumalang, Wonosobo.

”Dua perempuan remaja berusia 14 dan 15 tahun tersebutlah yang dijadikan sebagai umpan,” tuturnya, hari ini (30/6/2020).

Sigit menjelaskan, ketika korban menemui kedua gadis tersebut, datanglah empat orang laki-laki. Salah seorang di antaranya mengaku sebagai kakak dari salah seorang gadis itu.

“Mereka menuduh korban telah membawa lari dua gadis tersebut dan mengatakan kalau keduanya sedang dalam pencarian keluarga,” jelas Sigit.

Kemudian, para pelaku mengancam akan melaporkan korban kepada polisi, kepada desa dan orang tua dari kedua gadis tersebut. Tak hanya itu, lanjut Sigit, korban juga sempat diminta uang ganti rugi sebanyak Rp 1 juta.

”Selama melakukan pencarian, kata pelaku menghabiskan uang sejumlah Rp 2 juta. Tapi karena korban tidak punya uang, makanya ia memberikan smartphone miliknya,” imbuhnya.

Loading...

Sigit mengatakan, dalam kasus tersebut Polres Wonosobo menetapkan enam orang tersangka. Tiga orang di antaranya masih di bawah umur, yakni dua gadis yang menjadi umpan dan seorang yang ikut mendatangi korban. Kemudian tiga orang lainnya yakni berinisial M (26), S (25), dan C (27).

Polisi pun menjerat para tersangka dengan Pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. “Sesuai aturan, untuk tersangka di bawah umur tidak dipenjara sehingga prosesnya kami mengikuti hukum untuk anak di bawah umur,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: