Kebakaran Meluas, Ratusan Pendaki Merbabu Dievakuasi

BNews—MUNGKID— Sebanyak 102 pendaki Gunung Merbabu dievakuasi. Hal ini menyusul kebakaran di hutan merapi sejak Rabu (11/9) malam dan hingga saat ini terus meluas dan mengarah ke puncak Merbabu.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto menyebutkan terdapat 80 pendaki yang naik dari Basecame Selo Boyolali dan 22 pendaki dari basecame swanting. “Update pagi tadi sekitar pukul 09.40 wib para pendaki sudah mulai turun,” katanya, kepada borobudurnews.com.

Advertisements


Taman nasional Gunung Merbabu juga sudah mengeluarkan maklumat penutupan sementara pendakian Gunung Merbabu. Sehingga, seluruh pendaki harus turun.


“Seluruh jalur pendakian gunung merbabu pagi tadi sekitar pukul 08.35 wib ditutup seluruhnya oleh TNGMB. Pagi tadi petugas BPBD Kabupaten Magelang, TNGMB, relawan, TNI, Polri dan warga sudah menuju lokasi untuk proses pemadaman,” imbuhnya.

Edi juga menyebutkan area yang terbakar masuk wilayah pos 3 pendakian via swanting Sawangan. “Untuk tumbuhan yang terbakar termasuk jenis vegetasi pepohonan dengan jarak menuju ke Saban ± 800 meter,” ungkapnya.

“Untuk luas area lahan yang terbakar masih proseh hitung oleh petugas TNGMB,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan kebakaran Gunung Merbabu terjadi sejak Rabu malam (11/9). Kebakaran terus meluar dan terpantau sangat besar. Vegetasi yang terbakar meliputi sabana dan pepohonan tegakan. (bsn/jar)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: