IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Kenang Sang Budha, Umat Jalan Kaki Mendut-Borobudur

BNews-MUNGKID-Ribuan umat budha berjalan kaki dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur siang ini (18/5). Prosesi ini merupakan bagian dari Hari Raya Tri Suci Waisak 2563 BE.

Jalan Dharma merupakan prosesi untuk mengenang perjalanan Si Dharta Gautama sebelum menjadi Buddha. Mereka menempuh jalan sepanjang 3,7 kilometer sembari membacakan parita-parita suci.

Tidak hanya para bikkhu yang mengikuti jalan dharma ini. Beberapa umat juga mengikutinya sembari membawa bunga sedap malam.

Iringan drumband dan drumblek menambang riuah suasana jalan dharma tersebut. Para biksu dengan mobil hias berbentuk kapal menyiram-nyiramkan air suci kepada umat dan warga menyaksikan prosesi.

Loading...

Dalam jalan drhama ini, umat juga membawa serta api apadi dan air suci yang sebelumny disemayamkan di Candi Mendut. Dua symbol itu kemudian dibawa ke Candi Borobudur untuk digunakan sebagai sarana pudja bhakti di Pelataran Candi Borobudur.

Saat ini, ribuan umat dari berbagai sangha menggelar doa di pelataran taman lumbini Candi Borobudur. Sebelum memperingati detik-detik waisak, nanti malam aka nada pelepasan ribuan lampion dan detik-detik waisak, nantinya akan ada pelepasan ribuan lampion dan peringatan Hari Raya Waisak yang akan dihadiri Gubernur Ganjar Pranowo. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: