KEREN !!! PPMT UNIMMA Rintis Rumah Baca “DOLPIN” Di Grabag Magelang

BNews–MAGELANG– Pemahaman masyarakat mengenai kemampuan baca-tulis sudah menjadi suatu hal yang wajib dimiliki oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia.

Sedangkan literasi baca tulis itu sendiri, menurut DIT SMP Kemendikbud-ristek dalam baca-tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca; menulis, mencari, menelusuri, mengolah dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi; dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan. Mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

Kegiatan tanggap literasi dilaksanakan sebagai wujud dari keprihatinan terhadap tingkat literasi, terutama minat baca di Indonesia tergolong masih rendah.

Hal tersebut dikarenakan masih banyak orang yang malas untuk membaca, kurangnya edukasi tentang pentingnya meningkatkan minat baca. Serta kurangnya sarana dan suasana yang mendukung anak untuk menumbuhkan minat baca.

Oleh sebab itu, kelompok PPMT mahasiswa UNIMMA mengangkat tema besar yaitu Perintisan Rumah Baca Dolpin “Dolanan Pintar” Bermain Dan Belajar Berbasis Multiple Intellegence Untuk Menguatkan Literasi Baca Tulis Anak Di Desa Cokro, Grabag. 

Dengan TIM PPMT ketua kelompok Galih Istiningsih, M.Pd. dengan beranggotakan Sri Rochmayanti (PGSD), Fatma Sari (PGSD), Febriana Latifah Rahmawati (PGSD), Vinka Dwi Kusumawati (PGSD), dan Azwar Wicaksono Heru Saputro (Teknik Informatika).

Melalui perintisan Rumah Baca “DOLPIN” Dolanan Pintar ini, diharapkan dapat meningkatkan literasi baca tulis sehingga mampu menumbuhkan minat baca masyarakat Desa Cokro.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selain itu, program ini bertujuan untuk membantu masyarakat terutama anak-anak dalam mencari sumber buku bacaan; menumbuhkan semangat literasi baca tulis masyarakat sejak dini, dan juga sebagai sarana belajar dan bermain anak-anak.

Pendampingan belajar dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis Multiple Intellegences.

Kegiatan diikuti oleh kurang lebih 30 siswa dari berbagai sekolah dasar mulai dari kelas rendah hingga kelas tinggi. “Warga sangat mengapresiasi dengan diadakannya perintisan Rumah Baca “DOLPIN” Dolanan Pintar ini. Karena membantu masyarakat terutama anak-anak untuk memeroleh aneka buku bacaan juga sebagai sarana belajar anak,” kata Slamet Ari Darmawan, S.T. Kepala Desa Cokro.

Program perintisan Rumah Baca “DOLPIN” Dolanan Pintar di Desa Cokro dilaksanakan selama 45 hari yang dimulai sejak Desember lalu. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: