Ketahui 5 Tanda Orang Yang Tidak Percaya Diri, Kamu Termasuk?

BNews—MAGELANG— Tidak percaya diri memang hal yang wajar. Perasaan minder pasti dimiliki setiap orang, biasanya karena takut salah, takut dinilai buruk orang lain atau kita merasa jadi orang yang biasa-biasa saja.

Orang yang tidak percaya diri dinilai susah berkembang dengan baik untuk mencapai tujuannya, karena mereka sudah pesimis dari pikirannya sendiri.

Berikut ini beberapa tanda kalau kamu tidak percaya diri.

Selalu merasa penuh kekurangan

Salah satu tanda yang paling jelas pada orang yang tidak percaya diri adalah kamu selalu merasa penuh kekurangan. Padahal, kamu masih memiliki lebih banyak kelebihan yang bisa kamu kembangkan.

Tetapi, karena kamu tidak percaya pada kemampuanmu, kamu jadi lebih fokus pada kekurangan dan merasa tidak bisa apa-apa.

Suka membandingkan diri dengan orang lain

Tanpa kita sadari kita sering membandingkan diri dengan orang lain karena merasa diri kita biasa-biasa saja. Ini sering terjadi karena kita merasa bahwa orang lain selalu lebih baik dari kita.

Padahal, semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Padahal, bisa jadi kamu sebenarnya punya banyak kelebihan yang tak dimiliki orang lain.

Tidak suka pujian

Orang yang tidak percaya diri tidak menerima pujian dengan mudah. Saat orang lain memujimu, kamu akan merasa kalau itu hanya omong kosong yang tak benar sama sekali. Bukannya bahagia, malah kamu akan merasa minder saat dipuji karena menganggap itu hanya basa basi saja.

Takut mencoba hal baru

Sebelum mencoba, kamu menyerah duluan. Jelas sekali kamu tak punya rasa percaya diri karena sudah menganggap dirimu tak bisa melakukan sesuatu bahkan sebelum ia mencobanya. Takut gagal, takut tak bisa, takut malu sudah jadi kebiasaan orang yang kurang percaya diri.

Suka memikirkan kata orang lain

Orang yang tak percaya diri pasti selalu memikirkan kata orang lain sehingga takut melakukan hal yang membuatnya bahagia bahkan takut menjadi diri sendiri. Takut disalahkan, takut komentar negatif dari orang lain atau takut orang menjauhimu, sehingga kamu cenderung mengabaikan kata hati dan jadi lebih sering dikendalikan. (*)

Sumber: Fimela.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: