Ketika Spiderman dan Superman Ikuti Upacara HUT RI

0
116

BNews—BOROBUDUR—Ada saja ide cerdas dan menarik yang dituangkan oleh seniman asal Borobudur. Pagi tadi (17/8) mereka menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RIke 72 dengan cara yang tidak biasa.

 

Mereka yang tergabung dalam Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) 15 mengungkapkan rasa cinta tanah airnya dengan seni pula. Alhasil, mereka menggelar upacara peringatan 17 Agustus dengan cara mereka sendiri.

 

Prosesi upacara HUT RI ke 72 mereka awali dengan melakukan kirab sejauh 100 meter. Prosesi dimulai tak jauh dari Limanjawi Art House markas meraka di Dusun Tingal Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur.

 

Di barisan depan nampak tiga orang lansia. Seorang nenek membawa bendara didampingi dua kakek naik kuda kepang. Nampak Pembina upacara yang dirias bak raja ditemani seorang ratu dibaris berikutnya.

            Di belakangnya pasukan kerajaan mulai berjajar. Ada tokoh pewayangan, ada juga tokoh superhero.

 

Beberapa tokoh superhero itu adalah Superman, Batman, dan Spiderman. Di barisan paling belakang ada sekelompok seniman kuda lumping dari Wanurejo Kecamatan Borobudur.

Begitu sampai di halaman Limanjawi Art House prosesi upacara digelar. Layaknya upacara pada umumnya prosesi dimulai dengan masuknya inspektur upacara, mengibarkan bendera merah putih, pembacaan teks proklamasi dan amant Pembina upacara.

 

Usai upacara, para superhero ini jadi rebutan tamu undangan. Mereka diajak berswafoto bersama.

 

           ”Ini adalah cara kami (seniman) mengungkapkan rasa cinta tanah air Indonesia,” kata Ketua KSBI 15, Umar Chusaeni.

 

Dia mengatakan mencintai tanah air bisa diwujudkan oleh siapa saja. Termasuk oleh para seniman yang kali ini menggelar upacara dengan cara mereka. ”Pesan yang ingin kita sampaikan bahwa budaya dan seni adalah bagian kekayaan bangsa yang harus terus dilestarikan,” tutur dia. (bn1/bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here