Kisah Inspiratif Aktor Laga Senior Wily Dozan Menjadi Mualaf, Mengenal Islam Sejak Di Magelang

BNews–MAGELANG-– Siapa yang tidak kenal aktor laga senior Indonesia satu ini, yakni Willy Dozan. Kisahnya menjadi seorang mualaf berawal mulai mengenal Islam sejak kecil saat tinggal di Magelang.

Dan kisahnya menjadi mualaf ini  bisa jadi inspirasi banyak orang. Ia selama ini diketahui sebagai artis senior yang kerap berakting di film atau serial laga.

Bahkan sejumlah karyanya, salah satunya sinetron 7 Manusia Harimau yang tayang di RCTI, menjadi tayangan hiburan terpopuler di Tanah Air. Siapa sangka, ternyata Willy Dozan adalah seorang mualaf. Dia dahulu penganut yang taat di agama sebelumnya.

Tapi atas izin Allah Subhanahu wa ta’ala, Willy mendapat hidayah kemudian memutuskan memeluk agama Islam.

Willy Dozan mengatakan awal mula mengenal ajaran agama Islam ketika usianya masih belia. Saat itu ia tinggal di Magelang, Jawa Tengah. Lingkungan sekitarnya mayoritas Muslim, bahkan Willy kecil juga sering ikut ke masjid, padahal saat itu masih non-Muslim.

Pada awal tahun 1980-an, Willy Dozan sempat tinggal di luar negeri yaitu Hong Kong, Jepang, Taiwan, dan Amerika Serikat. Kebiasaan teman-temannya saat itu mengonsumsi daging babi. Ketika hidangan daging babi disajikan, Willy malah tidak makan.

Ia mengatakan bahwa sejak dulu memang tidak suka makan babi. Melihat Willy tidak menyantap makanan tersebut, teman-temannya mengira ia adalah seorang Muslim.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kemudian pada tahun 1988, saat usianya 31 tahun, kala itu dirinya bermain dalam sebuah film laga berjudul ‘Pernikahan Berdarah’. Mantan suami Betharia Sonata ini berperan sebagai pendekar keluaran pesantren.

“Waktu itu saya masih Nasrani. Cuma saya berperan sebagai pendekar yang keluaran pesantren dan harus bisa mengaji; dan mengucapkan dua kalimat syahadat,” ujar Willy Dozan dikuitp MNC.

Sejak itulah Willy Dozan belajar mengucapkan syahadat. Namun menariknya, ia cepat belajar. Dirinya hafal dua kalimat syahadat dan pelafalannya pun tepat. Ketika belajar membaca dan menghafalkan syahadat, Willy Dozan dibimbing oleh teman mainnya di film tersebut yaitu Raja Ema, aktris asal Malaysia.

“Sampai ada sutradara dari Malaysia enggak percaya, karena saya bukan Muslim, tapi lancar syahadat,” ungkapnya. Berbagai faktor membuat Willy akhirnya yakin Islam adalah jalan yang benar. Sebab selama hidupnya, dia kerap berhubungan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan ajaran agama Islam. Mulai dari lingkungan saat kecil, peran dalam film, hingga penolakannya memakan babi. “Alhamdulillah mungkin saat itu hidayah buat saya,” terang Willy Dozan.

Dia juga mengaku saat menjadi mualaf cukup banyak keinginan dan harapannya yang dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Sebelumnya ia tidak pernah merasakan hal luar biasa seperti ini. “Jadi saya merasa nyaman ada di lingkungan Muslim. Hangat dan tidak ada kesombongan. Waktu saya bukan Muslim budaya saya merasa angkuh,” ucapnya. (*/MNC)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: