Soal Aksi Deklarasi Kemerdekaan Di Papua, Abdul Kadir Karding: Pemerintah Harus Tegas !!!

BNews–MAGELANG-– Terdapat kelompok di Papua diketahui nekat mendeklarasikan kemerdekaan mereka dari Indonesia beberap hari lalu. Anggota DPR RI Fraksi PKB, Abdul Kadir Karding mengungkapkan bahwa Pemerintah harus tegas.

“Indonesia ini sudah final ya. Artinya final adalah sudah tidak boleh diganggu gugat. Kalau ada kelompok yang menyatakan diri merdeka, itu berarti mereka harus tahu berhadapan dengan negara,” katanya saat diwawancarai awak media saat kunjungannya di pengungsian merapi Magelang (2/12/2020).

Karding juga berharap, Pemerintah tidak boleh lengah soal kejadian deklarasi sekelompok orang di Papua tersebut.

“Jangan lengah dan jangan anggap enteng masalah ini. Kalaupun demikian bukanberarti harus ditumpas begitu saja, saya kira tetap harus ada penanganan secara persuasif dan cultural terus menerus,” harapnya.

Namun, lanjutnya pemerintah tetap harus ada diplomasi dengan negara-negara lain.

“Karena biasanya mereka ini (Red: kelompok di Papua) tidak berdiri sendiri. Biasanya ada negara-negara lain yang atau kelompok-kelompok di negara tertentu yang ngompori atau mendalangi dan sebagainya,”paparnya.

Menurutnya, tetap harus ada upaya-upaya persuasi dan dialog culutural. “Tetapi jika tidak mau, tetap mau tidak mau namanya orang menyatakan merdeka kontitusi kita tidak boleh. Jadi pemerintah jangan lembek dan tegas, tetapi seletah langkah persuasif dan dialog cultural dilakukan,” ungkapnya.

“Pemerintah harus tegas. Jika tidak nanti orang-orang bisa bebas menyatakan kemerdekaannya itu menjadi hal yang berbahaya,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: