1200 Umat Buddha Ikuti Apihoma Tantrayana Zhenfozong di Candi Borobudur Magelang

BNews-MAGELANG– Upacara Apihoma Tantrayana Zhenfozong Borobudur 2023 yang bertema “Agnihoma Buddha Sakyamuni Catur Kiblat” ; telah sukses dilaksanakan pada Sabtu, (29/07/2023). Lokasinya malam di komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Acara dihadiri oleh beberapa tokoh dan instansi, termasuk Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Buddha Drs. Supriyadi, M.Pd; Kapolresta Magelang yang diwakili oleh Kabagops Polresta Magelang Kompol Eko Mardiyanto,, beberapa Kasat Polresta Magelang.

Lalu hadir juga Ketua Umum DPP Walubi diwakili Tanto Harso, Pembimas Budha Jateng Karbono, Pembimas Budha DIY Drs. Saryono, MM; Ketua Umum Majelis Madhatantri bapak Rahmat Hartanto, Ketua Umum Majelis Zhenfozong Kasogata; Ketua panitia Yusuf Pasimatra, Ketua Umum DPP Pambudhi. Serta umat Buddha sejumlah kurang lebih 1.200 orang.

Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono, mengatakan, Apihoma merupakan kegiatan keagamaan umat Buddha; yang dilaksanakan di komplek Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB).

“Sebanyak 71 personil Polresta Magelang ditambah anggota Kodim 0705/ Magelang dan dari panitia penyelenggara melakukan pengamanan,” jelasnya.

Upacara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Tari Selamat Datang sebagai pembukaan.

Ketua Panitia mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang hadir dan memohon maaf atas keterbatasan dalam pelayanan acara.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Berbagai sambutan mengalir selama acara, termasuk dari Ketua Umum Majelis Madhatantri yang berterima kasih kepada PT TWCB; atas penyediaan tempat yang aman, nyaman, dan lancar untuk kegiatan keagamaan.

Selain itu, Ketua Umum Majelis Zhenfozong Kasogata berharap agar umat Buddha mendapatkan berkah dari acara ini; dan mengucapkan terima kasih kepada para Bhiku dan Dirjen Bimas Buddha yang berkenan hadir.

Dalam sambutan dari DPP Walubi yang diwakili Tanto Harso, ucapan rasa terima kasih karena Candi Borobudur; telah ditetapkan sebagai wisata religi yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di sekitar wilayah Candi Borobudur.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Buddha menyampaikan harapan agar acara ini bermanfaat bagi umat, bangsa, dan negara.

Dia juga mengajak semua yang hadir untuk bertindak dengan ikhlas dan taqwa agar dapat menerima segala perubahan serta meningkatkan kualitas diri, ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan pertunjukan Drama Kolosal Seni Tari, sesi foto bersama, persiapan prosesi Upacara ApiHoma’, dan pelaksanaan Upacara ApiHoma’.

Ditutup dengan Pradaksina dengan harapan “Semoga semangat kebersamaan dan kemanunggalan sejati umat manusia; yang terpancar selama acara ini berlangsung di Candi Borobudur dapat memberikan berkah dan meningkatkan nilai keagamaan bagi umat Buddha”.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 16.00 wib hingga berakhir pukul 21.15 wib dapat berjalan aman, lancar, situasi Kamtibmas kondusif. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: