Kodim 0734 Yogyakarta Amankan Pensiunan PNS yang Catut TNI Untuk Galang Dana Baksos

BNews—YOGYAKARTA— Kodim 0734/Yogyakarta mengamankan pelaku penipuan kepada masyarakat dengan mencatut kelembagaan TNI pada Selasa 23 Mei dan Rabu 24 Mei 2021.

Kini pelaku berinisial HR telah diserahkan ke Polsek Tegalrejo, Kota Yogyakarta untuk diproses hukum lebih lanjut.

Kabag Humas Polresta Yogyakarta Iptu Timbul Sasana Raharja mengatakan, pihak kepolisian telah menerima penyerahan pelaku penipuan yang mengatasnamakan lembaga TNI.

Diceritakan modus yang dilakukan pelaku HR adalah meminta sumbangan uang kepada warga kampung Sudagaran, Tegalrejo, Kota Yogyakarta dengan mengatasnamakan untuk kegiatan bakti sosial (baksos) masjid Al-Hidayah Mako Korem 072/Pamungkas Yogyakarta.

Padahal sesuai ketentuan, masjid Korem 072/Pamungkas Yogyakarta tidak pernah menarik sumbangan. Dari keterangannya, ada delapan korban dengan total kerugian mencapai Rp1.200.000.

“Korban dimintai sumbangan dengan mengatasnamakan masjid Al Hidayah Mako Korem 072/Yogyakarta. Besarannya antara Rp100 ribu sampai Rp300 ribu,” katanya, Kamis (27/5/2021). Dilansir dari Tribunjogja.com.

Dari laporan Kepolisian menyebut jika pelaku merupakan pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) warga Kelurahan Mantrijeron, Kemantren Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Kronoligi kejadian itu bermula pada Selasa 23 Mei 2021, pelaku beraksi meminta sumbangan kepada warga masyarakat dengan mengatasnamakan masjid Al Hidayah Korem 072/Pamungkas Yogyakarta.

Untuk meyakinkan masyarakat, pelaku membawa surat permohonan palsu dengan kop surat masjid Al Hidayah Mako Korem 072/Pamungkas Yogyakarta.

“Sekarang masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Baru diproses sekarang karena kemarin pas hari raya waisak,” tegasnya.

Pihak Korem 072/Pamungkas bergerak cepat dan mengamankan pelaku di rumahnya saat hendak melaksanakan aksi yang kedua kalinya Rabu (24/5/2021).

Dari tangan pelaku, Polisi mengamankan barang bukti uang Rp550.000, serta dua lembar surat permohonan dana bantuan masjid Al Hidayah Korem 072/Pamungkas Yogtakarta.

“Ada barang bukti uang Rp550 ribu dan surat permohonan bantuan fiktif,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: