Kompak, Pedagang-Pengunjung Pasar Rejowinangun Magelang Hormat Bendera Merah Putih

BNews–MAGELANG– Para pedagang di Pasar Rejowinangun Kota Magelang melakukan giat penghormatan bendera Merah Putih setiap hari Senin pukul 10.00 WIB. Selain pedagang, para pengunjung pasar juga ikut melakukan penghormatan bendera Merah Putih.

Pantauan Borobudurnews pada Senin (4/3/2024) pukul 10.00 WIB, nampak para pedagang dan pengunjung pasar memberi hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka kepada bendera Merah Putih. Penghormatan bendera tersebut diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

”Kegiatan ini sudah berjalan hampir tiga tahun. Hal ini sebagai salah satu cara untuk menanamkan jiwa nasionalisme, patriotisme, dan kebangsaan, jadi biar muncul kembali,” kata Koordinator Keamanan Pasar Rejowinangun, Aipda Ronny usai giat penghormatan bendera Merah Putih, Senin (4/3/2024).

Ronny menjelaskan, saat pukul 09.45 WIB, dirinya sudah mulai mengingatkan para pedagang dan pengunjung pasar. Kemudian satu menit sebelum mulai giat penghormatan, sirine dibunyikan sebagai tanda agar aktivitas di pasar diberhentikan sementara.

”Saya mandunya dari pos induk melalui pengeras. Untuk masing-masing blok, saya kasih bendera satu-satu. Seperti mungkin blok ayam, blok daging sapi, semua masing-masing los baik di lantai 1 dan 2 itu ada satu bendera. Kalau yang mungkin terlalu panjang luas, saya kasih dua bendera. Keseluruhan ada sekitar 20 bendera,” jelasnya.

Dia menyebut, bila ada pengunjung yang masih mengendarai motor, akan diberhentikan oleh petugas jaga. ”Diminta untuk matikan mesin, turun dari motor, untuk menghormat kepada bendera Merah Putih,” ujarnya.

Menurut Ronny, para pedagang antusias mengikuti giat penghormatan bendera Merah Putih setiap hari Senin pukul 10.00 WIB tersebut.

’’Dan alhamdulilah antusias dan animo dari pedagang untuk mengikuti itu tanggapannya positif,” ujarnya.

Salah satu pengunjung pasar, Naila (24) mengaku kaget ketika diberhentikan petugas. namun ia juga merasa senang karena mengikuti giat penghormatan bendera Merah Putih tersebut.

”Kaget tadi kan disuruh matiin mesin (sepeda motor) kemudian berdiri. Tapi senang bisa ikut hormat bendera. Ini baru pertama kali saya rasakan,” ujarnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: