Membanggakan! Ini 5 Film Indonesia yang Mendapat Apresiasi di Luar Negeri

BNews—INFORMASI Perfilman Indonesia saat ini memang sudah mengalami kemajuan yang pesat. Mulai dari pengambilan gambar hingga alur cerita yang penuh makna.

Beberapa film karya anak bangsa pun berhasil menembus festival internasional dan terkenal di berbagai belahan dunia.

Berikut lima film Indonesia yang mendapat apresiasi di luar negeri.

Sekala Niskala

Film besutan Kamila Andini ini berhasil meraih penghargaan sebagai Film Terbaik dalam Berlinale International Film Festival tahun 2018 di Berlin. Sekala Niskala tayang tahun 2017 dan berhasil meraih penghargaan lainnya seperti Film Terbaik Festival Film Asia Netpac Jogja (JAFF). Film Terbaik Tokyo FilmEx, dan Film Remaja Terbaik di Asian Pasific Screen Award.

Laskar Pelangi

Menjadi salah satu film paling disukai sepanjang masa, Laskar Pelangi berhasil mendapatkan berbagai apresiasi dari festival internasional salah satunya International Festival of Film for Children and Young Adults di Hamedan, Iran. Sebagai The Golden International Film. Laskar Pelangi merupakan film yang disutradari oleh Riri Riza.

Gundala

Tayang tahun 2019, film karya sutradara Joko Anwar satu ini berhasil tayang di Toronto International Film Festival 2019. Gundala merupakan film layar lebar yang diangkat dari komik buatan Harya Suraminata dan berhasil bersaing dengan film Hollywood seperti Knives Out, Joker, dan Radioactive dalam People’s Choice’s Award.

Kucumbu Tubuh Indahku

Film yang tahun 2018 karya sutradara Garin Nugroho ini sempat menjadi salah satu film paling kontroversial yang pernah ada di Indonesia karena isu LGBT yang diangkatnya.

Namun, terlepas dari kontroverisal itu Kucumbu Tubuh Indahku berhasil membawa pulang piala kemenangan penghargaan Asia Pasific Screen 2018, International Cinephille Society Awards 2019, dan Guadalajara International Film Festival 2019.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Tayang tahun 2017, film yang diperankan oleh Marsha Timothy ini berhasil menyabet 10 dari 15 kategori di Festival Film Indonesia tahun 2018. Meski gagal mewakili Indonesia pada ajang Academy Award di kategori Foreign Language Film, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak masuk dalam penghargaan internasional FIFFS Maroko edisi ke 11, Catalonian International Film Festival tahun 2017, Tokyo FilmEx 2017, dan film terbaik dalam Asian Next West Wave the Qcinema Film Festival Filipina.

Itu dia tadi film-film Indonesia yang berhasil berjaya sampai internasional. (*)

Sumber: IDN Times

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: