Kota Magelang Masuk 10 Besar Penerima Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2024 Tingkat Nasional

BNews–MAGELANG– Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang masuk 10 besar penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Nasional Tahun 2024 untuk Kategori Kota.

Pengumuman ini disampaikan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas di JCC Senayan Jakarta, Senin (6/5/2024).

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz hadir pada acara tersebut bersama kepala daerah dari seluruh Indonesia. Musrenbangnas 2024 dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa serta para menteri terkait.

“Bagus, Alhamdulillah, program Pemkot Magelang diapresiasi oleh Kementerian PPN/Bappenas dan masuk 10 besar terbaik, kategori Kota di Indonesia,” kata Aziz, Selasa (7/5/2024).

Dia berkomitmen untuk terus berbenah agar program-program Pemkot Magelang bermanfaat bagi masyarakat, termasuk belajar dengan daerah lain yang mendapat juara pada penyelenggaraan PPD Tahun 2024.

“Yang penting program kita bisa bermanfaat bagi masyarakat, punya daya ungkit untuk kesejahteraan masyarakat. Program bagus tapi kalau tidak berefek ya percuma,” tandasnya.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kota Magelang, Handini Rahayu juga bersyukur atas capaian Pemkot Magelang di kancah nasional.

“Tentunya bersyukur, mendapatkan nominasi 10 besar Indonesia. Karena bisa mendapatkan kesempatan sharing kepada Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, melalui expo pembangunan daerah ini,” jelasnya  usai acara.

Handini menambahkan Expo Kota Magelang merupakan hasil kerjasama antara Bapperida dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar); serta Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Mikro (DPPKUM) Kota Magelang.

Sebagai informasi, PPD merupakan kegiatan pengendalian perencanaan pembangunan daerah oleh Kementerian PPN/Bappenas melalui evaluasi kreatif dan komprehensif terhadap pembangunan daerah untuk tingkat provinsi, kabupaten, dan kota setiap tahun.

Pemerintah pusat memberikan apresiasi kepada provinsi, kabupaten, dan kota yang berhasil dengan baik dalam perencanaan, pencapaian pelaksanaan, dan inovasi pembangunan.

Disampaikan Handini, inovasi yang diajukan PPD Tahun 2024 adalah Penanggulangan Kemiskinan secara Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Masyarakat Kota Magelang (Pusat Teras Kota). Inilah yang menjadi salah satu nilai lebih yang mengantarkan Kota Magelang menjadi juara 1 PPD Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Pusat Teras Kota merupakan program dan sinergitas terhadap 4 dimensi kemiskinan yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur,” sebutnya.

Disisi lain, masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi, selain dari peningkatan kualitas dokumen juga dari pengembangan inovasi yang hasilnya dapat memberikan dampak lebih besar bagi kesejahteraan masyarakat.

Handini optimistis Kota Magelang akan terus berusaha berbenah dan terus meningkatkan kualitas perencanaan daerah. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: