Kronologi Kereta Api Tabrak Truk Di Perlintasan Gamping Sleman

BNews–JOGJA– Kembali terjadi sebuah kereta api menabrak kendaraan di Jogja kemarin (9/5/2022). Kali ini kereta api Mataram jurusan Pasarsenen-Solo menabrak truk dump berpelat nomor AB 8398 IH.

Lokasi tepatnya di perlintasan rel kereta 727, Patukan, Kalurahan Ambarketawang, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Waktu kejadian Senin (9/5/2022) sekitar pukul 05.01 WIB.

Dalam kecelakaan itu, truk tersebut diduga memaksa melintasi rel kereta api ketika sirine perlintasan sudah berbunyi dan palang perlintasan sudah turun. Sehingga truk terjebak ketika kereta sudah dekat.

Kapolsek Gamping, Kompol B Muryanto, menjelaskan kecelakaan ini terjadi di pelintasan rel kereta 727, Patukan, Kalurahan Ambarketawang, Kapanewon Gamping, sekitar pukul 05.01 WIB.

“[Tabrakan] Antara KA Mataram jurusan Pasar Senen-Solo dengan Truk Dump Isuzu No. Pol AB- 8398- IH,” ujarnya, Senin.

Truk tanpa muatan itu dikemudikan oleh D, 58, warga Kapanewon Gamping. Dia menjelaskan awal mula kejadian yakni ketika D mengemudikan truknya dari arah barat ke timur di Jalan Bibis-Patukan, Kalurahan Ambarketawang.

Ketika sampai di depan pelintasan kereta, sirine tanda kereta api akan lewat sudah berbunyi. Namun D tetap memaksakan truknya untuk melintasi perlintasan sebelum palang turun.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ketika berada di tengah rel, palang perlintasan ternyata sudah turun sehingga truk tersebut terjebak di dalam.

“Ada warga yang belum diketahui identitasnya yang kebetulan berada di TKP [tempat kejadian perkara] berusaha membantu membukakan palang pintu timur agar truk bisa keluar dari perlintasan, tetapi tidak berhasil sehingga terjadilah tabrakan,” kata dia.

Dalam kejadian ini, truk hanya tertabrak di bagian belakangnya, sementara sopir mengalami luka di bagian telinga dan mendapat perawatan di rumah sakit PKU Muhammadiyah Gamping.

Selain truk, kerusakan juga terjadi pada palang pintu perlintasan kereta bagian timur yang patah akibat tertabrak truk yang terpental setelah ditabrak kereta. Pasca kejadian, polisi mengevakuasi truk ke Polsek Gamping.

Tabrakan antara kereta api dengan truk ini merupakan kedua kalinya yang ternjadi di Kapanewon Gamping pada tahun ini.

Sebelumnya KA Lodaya jurusan Solo-Bandung juga menabrak truk yang mogok di perlintasan 720, Kalurahan Balecatur, pada 26 April lalu. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut. (*/solopos)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: