Lahan Relokasi Untuk Warga Korban Bencana Gunung Semeru Mulai Disiapkan

BNews–LUMAJANG– Akhirnya lahan relokasi warga terdampak erupsi Gunung Semeru mulai disiapkan. Lokasinya berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Total lahan yang sudah diratakan saat ini mencapai 50 persen dengan luasan 40 hektare. Dan saat ini masih dilakukan pembersihan.

“Ini tempat relokasi yang berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro. Kali ini saya mau melihat secara langsung lokasi yang paling ujung yang sekarang sedang diratakan oleh teman-teman dari satuan TNI,” kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (23/12/2021).

Thoriq -sapaan akrabnya- menerangkan, luas keseluruhan lahan relokasi yakni 81 hektare. Lahan tersebut nantinya akan dibangun sekitar 2.000 rumah.

Setiap keluarga mendapatkan tanah ukuran 10×14 meter persegi. Di lokasi relokasi juga akan dilengkapi sarana fasilitas umum, sosial dan kesehatan.

“Untuk hunian sementara yang akan dibangun diputuskan agar diselesaikan dulu secara pengurusan, dengan mekanisme hunian sementara berada di belakang, kemudian dipersiapkan pembangunan hunian tetap, sehingga nantinya hunian sementara dan hunian tetap akan menjadi satu,” tambahnya.

Selanjutnya, Thoriq ingin agar relokasi rumah warga terdampak erupsi Gunung Semeru tersebut menjadi lebih representatif, termasuk dengan sarana atau fasilitas olahraga dan lainnya.

Dengan begitu, lokasi relokasi rumah warga akan menjadi model desa baru yang terintegrasi antara satu tempat dengan tempat yang lain.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang berencana membangun pemukiman baru untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pemukiman relokasi tersebut bakal menerapkan konsep smart village atau desa pintar.

“Desain tata ruang betul-betul terintegrasi, konsep kami menjadi smart village ada CCTV yang memberikan jaminan keamanan, lahan komersial akan kami buat kandang terpadu,” ujar Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, dalam keterangan resmi, Jumat 17 Desember 2021. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: