Lahar Hujan Merapi Sudah Sampai Titik BOD VI Karena Hujan Deras

BNews–SLEMAN– Hujan deras yang terjadi sepanjang sore di wilayah Sleman dan sekitarnya pada kamis (18/3/2021) menyebabkan sejumlah sungai yang berhulu di Merapi meluap. Di Sungai Boyong, hujan dari puncak Gunung Merapi menyebabkan lahar hujan mulai mengisi Boyong Over Dam (BOD) VI.

Kepala Seksi Mitigasi Bencana badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Joko Lelono, menjelaskan berdasarkan pantauan CCTV dan laporan petugas di lapangan, lahar hujan terpantau mengisi BOD VI.

“Materialnya tidak sampai penuh mengisi BOD VI,” ujarnya, Jumat (19/3/2021). dikutip Harjo.

Lahar hujan tidak sampai memenuhi BOD VI dikarenakan hujan yang terjadi di puncak Gunung Merapi tidak sederas hujan di bawahnya. BOD VI berjarak 2 kilometer dari BOD VI yang terletak di Padukuhan Turgo, Kalurahan Purwobinangun, Kapanewon Pakem.

Sebelum hujan deras pada Kamis (18/3/2021), lahar hujan telah memenuhi BOD VII. Meski demikian lahar hujan belum mengancam permukiman penduduk karena di tebing kanan dan kiri BOD VII dan BOD VI cukup tinggi dan jauh dari permukiman.

“Kalau [lahar hujan] sudah melewati jembatan gantung Ngepring baru ada potensi mengancamwarga. Tim akan melakukan persiapan antisipasi risiko bencana banjir lahar. Permukiman terdekat ada di padukuhan Kemiri,” ungkapnya.

Selain lahar hujan, hujan deras juga mengakibatkan meningkatnya debit air hingga wilayah perkotaan, tepatnya di sungai Gajahwong, yang dipicu oleh meluapnya sungai Trasi.

“Kami infokan ke BPBD Kota Jogja, kalau Trasi dan Boyong banjir, air pasti sampai ke bawah,” kata dia.

Dampak lainnya dari hujan deras pada Kamis (18/3/2021) sore meliputi pohon tumbang di sejumlah titik yakni Padukuhan Blotan, Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak; Padukuhan Plotengan, Kalurahan Pondokrejo, kapanewon Tempel; dan Padukuhan Joho, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: