Latar Belakang Pembuatan Film “Tilik” yang Viral Karena Sosok Bu Tejo

BNews—YOGYAKARTA—Film pendek berjudul Tilik, beberapa waktu terakhir menjadi sorotan masyarakat. Mulai dari jalan ceritanya dan tokoh Bu Tejo yang seakan tak pernah habis untuk diperbincangkan.

Sosok tokoh Bu Tejo seakan memiliki magnet sendiri dalam film ini. Bu Tejo yang diperankan Siti Fauziah dianggap mewakili karakter oknum ibu-ibu yang senang bergosip.

Tilik sendiri bercerita tentang segerombolan ibu-ibu yang berangkat menggunakan truk untuk menjenguk atau tilik Ibu Lurah yang sakit dan dirawat di rumah sakit. Tak hanya itu, bersama dengan gerombolan itu, Bu Tejo kerap membicarakan sosok Dian, seorang kembang desa.

Sementara itu, Sutradara Wahyu Agung Prasetyo mengatakan ide awal film Tilik berawal dari sebuah obrolan ringan. Pada tahun 2016, Agung bersama sang penulis naskah, Bagus Sumartono, berbincang di salah satu angkringan di daerah Yogyakarta.

”Dia cerita kalau ‘eh ini ada budaya namanya Tilik, naik truk gitu, jenguk orang sakit ke rumah sakit’,” kata Agung. Dikutip dari Kompas.com.

Dia menjelaskan, ketika diceritakan tentang budaya tersebut, awalnya belum memahami namun karena rasa penasaran akhirnya ia melakukan observasi. Yakni dengan mengunjungi daerah Bantul, Yogyakarta, dimana daerah tersebut yang menerapkan tilik alias menjenguk. 

“Nah dari situ sebenarnya berangkatnya, karena memang dari realita aslinya yang terjadi di daerah Bantul, mereka punya tradisi seperti itu, berangkatnya dari situ,” jelasnya. 

Loading...

Dalam observasi itu, Agung ditemani oleh Bagus dan juga produser film Tilik, Elena Rosmeisara. Agung mengungkapkan, pesan yang ingin disampaikan dalam film tersebut perihal masyarakat luas yang tetap harus skeptis di saat pemberitaan hoaks tersebar di mana-mana. 

Adapun, para pemeran yang terlibat di antaranya ada Siti Fauziah, Brilliana Desy, Angelina “Punyk”, Dyah Mulani, Luly Syahkisrani, Hardiansyah Yoga Pratama, Tri Sudarsono Gotrek, dan Ratna Indriastuti. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: