Libur Akhir Tahun, Sri Sultan Izinkan Wisatawan Berlibur ke Jogjakarta

BNews—JOGJAKARTA— Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta Sri Sultan Hamengkubuwana X mengizinkan wisatawan berlibur akhir tahun di Jogja. Namun demikian, sultan mengingatkan stakeholder pariwisata termasuk objek wisata dan hotel untuk disiplin dan konsisten menerapkan protokol kesehatan.

Sri Sultan menuturkan, pemerintah daerah dirasa tak memiliki kuasa untuk menahan masyarakat. Utamanya untuk tetap di rumah agar penularan virus corona bisa dihentikan.

”Silahkan saja. Kan, sudah cukup, to. Masuk Malioboro dan objek wisata lainnya itu ninggal (nomor) handphone. Nanti ada nama, alamat kan memudahkan tracing. Kalau ada yang positif ya sudah di rumah sakit. Kan, itu saja,” tutur Sultan, Selasa (1/12/2020).

Virus corona menurut Sultan akan tetap ada. Namun, bagaimana masyarakat beradaptasi menjadi hal yang paling utama di masa ini.

”Terpenting hotel-hotel dan tempat pariwisata konsisten aja. Positif, ya, sudah di RS gitu loh,” kata Sultan.

”Kita adaptasi saja menyesuaikan karena belum tentu corona juga tidak ada. Mesti ada biarpun kita di vaksin, juga hanya berlaku dua tahun. Setalah dua tahun divaksin lagi berarti corona tetap ada. Ya, kita perlakukan corona seperti Demam Berdarah saja, adaptasi saja, jaga kesehatan,” lanjut Sultan.

Diketahui, kasus covid-19 DIJ masih fluktuatif. Hingga kini jumlah pasien positif aktif 1.420 orang. Sementara beberapa waktu kedepan, Jogja sebagai salah satu tujuan wisata akan menghadapi masa libur akhir tahun yang hampir pasti membuat banyak orang berdatangan dari berbagai daerah.

Sementara, Selasa (1/12) terkonfirmasi, Kepala Dinas Sosial Kota Jogjakarta Agus Sudrajat meninggal dunia setelah dinyatakan positif covid pada 21 November lalu. Agus meninggal setelah menjalani perawatan di RSUP dr Sardjito Jogjakarta. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: