Telaga Bleder Grabag Dikuras, Tradisi Panen Raya Ikan Digelar Meriah

BNews–MAGELANG– Tradisi panen raya ikan di Telaga Bleder Grabag Magelang dilakukan setiap tahunnya.

Dan kali ini warga Dusun Bleder Desa Ngasinan Grabag memanen dengan suasana meriah meskipun di tengah pandemi (12/8/2021).

Telaga Bleder yang biasanya dijadikan tempat wisata ternyata punya fungsi lain bagi warga setempat. Dimana warga memelihara ikan disana untuk kepentingan satu kampung.

Untuk kali ini, Telaga Bleder sudah mulai dikuras airnya sejak tiga hari sebelumnya, yakni Senin (09/8/2021). “Acara puncak pada Kamis siang. Warga Dusun Bleder secara bergantian menangkap ikan di Telaga Bleder,” ungkap Daiman selaku Kepala Dusun Bleder.

Daiman juga mengaku, biasanya agenda tersebut digelar untuk menyambut acara merti dusun Bleder setiap 5 tahun sekali. “Namun kali ini bertepatan dengan rencana program pembangunan telaga blender, maka 1,5 tahun sudah panen,” imbuhnya.

Untuk kali ini, lanjutnya panen ikan yang didapat sekitar 2 ton. “Itu benihnya baru kita sebara pada 2 Februari 2020 lalu,” ujarnya.

Selain panen raya 5 tahunan, Daiman menjelaskan pihaknya juga mengadakan acara pemancingan untuk penggalangan dana kas dusun. “Ya semoga setelah panen kali ini, di tahun depan acara pemancingan lebih maksimal untuk meningkatkan kas Dusun,” tegasnya.

Ia menyebutkan, hasil ikan yang dipanen lalu dilakuan penimbangan dan disusun untuk dibagikan warganya. Namun sebagian dijual untuk Kas Dusun Bleder dengan harga yang disepakati oleh panitia dusun.

Dan ada yang berbeda juga tahun ini, takni adanya pasar ikan. “Iya ada pasar Ikan Air tawar di sepanjang jalan, dimana akan berlangsung sampai tanggal 14 Agustus 2021 mendatang,” imbuhnya.

Dalam tradisi tersebut, biasanya jika warga Bleder sudah selesai maka bisa dibuka untuk umum. Jadi masyarakat bisa mengambil ikan seusai acara. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: