Macan dan Harimau Merapi Hadang Petugas Peneliti

BNews–MAGELANG— Keberadaan Harimau dan Macan di Gunung Merapi bukan isapan jempol belaka. Beberapa waktu lalu, petugas Taman Nasional Gunung Merapi dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menjumpai dua jenis hewan karnivora itu di hutan Gunung Merapi.
Noer Cholik, petugas BPPTKG mengatakan sempat bertemu dengan Harimau di lereng Merapi. “Di Keningar, Dukun Magelang, petugas yang sedang melakukan survey magnetic bertemu tiga macan loreng besar,” kata dia.
       Dia mengatakan saat  itu para petugas sedang menyibak tumbuhan Kolonjono. “Tiba-tiba di depan petugas ada tiga macan loreng besar, satu tengah tiduran, satu duduk dengan dua kaki berdiri dan satunya jalan-jalan,” jelas dia
Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Arif Sulfianton juga menemui hewan buas itu. Tai jenisnya macan tutul. ”Saya terakhir ketemu saat menuju Pos empat Watu Bolong Merapi. Saat itu kita sedang eksplorasi jalur pendakian,” kata dia.
            Menurutnya, hewan yang dilihatnya adalah top predator di Merapi. Macan ini, kata dia berjenis macan tutul hitam atau akrab disebut dengan macan kumbang. (ie)

3 Comments
  1. DAVID PBM says

    save harimau jawa

  2. Eksapedia says

    Semoga tetap ada dan bisa berkembang lagi..

  3. SY says

    Save harimau merapi…..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: