Mahasiswa Demo di Halaman Mapolres Magelang, Ini Tuntutannya

BNews—MAGELANG— Puluhan mahasiswa menggelar aksi damai di halaman Mapolres Magelang, siang tadi (29/9). Mereka menggelar aksi solidaritas tewasnya satu mahasiswa di Sulawesi Tenggara usai unjuk rasa di halaman Kantor DPRD, Kamis (26/9) lalu.

Puluhan orang dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu menyampaikan tiga poin tuntutan. Seperti meminta Polri mengusut tuntas peristiwa penembakan yang mengakibatkan mahasiswa Fakultas Perikanan UHO tewas.

Advertisements


PPMI Magelang juga mengutuk dan mengecam keras tindakan represif aparat keamanan dalam aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa. Serta meminta petugas kepolisian tidak lagi represif terhadap aktivis mahasiswa.


”Kami meminta kepada pihak kepolisian mengusut tuntas tragedi berdarah yang menelan korban jiwa. Mengungkap pelaku, dalang serta menghentikan kriminalisasi terhadap aktivis ,” kata Koordinator Aksi, M Zaenal Arifin.

Sementara itu, Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi terlihat menemui wartawan saat para mahasiswa menyampaikan aspirasi. Pihaknya turut berduka cita atas meninggalnya Randi dalam unjuk rasa yang berakhir ricuh di depan kantor DPRD Kendari. Idham berharap, peristiwa serupa tidak terulang di waktu mendatang.

”Tuntutan adik-adik mahasiswa kami terima dan segera kami sampaikan kepada pimpinan,” kata Idham.

Imbuh Idham, seluruh mahasiswa di Magelang bersedia menunggu hasil investigasi yang sedang dilakukan polri. Dia juga berharap kepada mahasiswa untuk tidak terprovokasi oleh kelompok-kelompok yang sengaja ingin memecah belah persatuan Indonesia.

”Bapak Kapolri telah menyampaikan, kejadian tersebut telah ditindaklanjuti kepolisian untuk mengusut kronologi dari kejadian sebenarnya. Polri juga telah menerjunkan tim investigasi dari Itwasum dan Divpropam Polri yang dipimpin Wakapolri, imbuh Idham.

Usai menggelar orasi, puluhan mahasiswa dan anggota polisi sama-sama masuk ke Mapolres untuk melangsungkan salat dulur dilanjutkan salat gaib yang diimami Kapolres. Usai salat berjamaah, massa pengunjuk rasa membubarkan diri dengan tertib. (han/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: