Mahasiswa KKN UNS Kembangkan Wisata Edukasi Desa Sumber Melalui Platform Bebasis Digital

BNews—MAGELANG— Mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang tergabung dalam kelompok 45 menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Salah satu kegiatannya yakni membantu mengembangkan wisata edukasi di desa setempat.

”Ada beberapa potensi wisata yang ada di Desa Sumber. Mulai dari kesenian seperti kesenian tradisional Singo Dilogo, Ketoprak, Karawitan, dan lain sebagainya,” kata koordinator kelompok 45, Niken Utami Tyastuti, Minggu (4/9/2021).

Hingga potensi wisata olahraga dan rekreasi seperti panahan, camping, bersepeda, bahkan olahraga offroad ATV (All Terrain Vehicle). Kata Niken, Desa Sumber disebut memiliki wisata edukasi karena wisatawan bukan hanya disuguhkan pemandangan alam namun juga bisa memperoleh pengetahuan sekaligus wawasan.

Selain itu, wisatawan juga bisa berekreasi sembari mempelajari cara pengolahan makanan tradisional ‘pothil’. Kemudian melihat teknik pembuatan cobek yang berasal dari material-material sisa letusan Gunung Merapi.

Lebih lanjut, Niken memaparkan kelompok 45 membantu mengembangkan Wisata Edukasi Desa Sumber dengan advertising. Yakni melakukan pengembangan dan pemasaran melalui platform digital dengan membuat konten-konten menarik dan kreatif baik melalui instagram ataupun media sosial lainnya.

”Kami melakukan pengambilan gambar di spot tertentu untuk paket wisata edukasi serta menggunakan sarana yang kedepannya bisa digunakan oleh wisatawan,” papar dia.

Mahasiswa KKN UNS Kelompok 45 (foto: ist)

Mahasiswa UNS juga berbagi ilmu untuk mendorong pengelola Desa Wisata agar mengadopsi platform digital sebagai media utama dalam pemasaran. Pasalnya, di Era Industri 4.0 ini wisatawan lebih mengandalkan internet untuk melakukan pencarian informasi, memesan, bahkan proses pembayaran.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

”Adapun media sosial instagram yang bisa digunakan sebagai ajang untuk memperkaya pengetahuan yaitu @wisataedukasi_sumber,” ujar Niken.

Dia pun berharap, dengan adanya pemasaran digital, informasi bisa terjangkau secara luas. Baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara agar tertarik berkunjung ke desa ini.

”Diharapkan dengan bangkitnya Desa Wisata Sumber mampu mendorong serta menghidupkan kembali UMKM dan roda perekonomian. Yang mana selama ini terpuruk akibat adanya pandemi Covid-19,” harapnya.

Diketahui bahwa, koordinator Kelompok KKN 45 tersebut adalah Niken Utami Tyastuti, Wakil koordinator Annida Sifa Utami. Dengan anggota Garda Capriela, Yuhal Maliki, Novi Arifatul Azizah, Choirun Nasikhin, Gilang Nanda Jati, Firdha Anisa Widiarti. Kelompok ini dibimbing oleh dosen Nurmiyati, S.Pd., M.Si. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: