Tahukah Kalian Desa Tertinggi Di Jawa Tengah ? ini Ulasannya

BNews–JATENG-– Diketahui bersama, Jawa Tengah terdiri dari 7.809 desa dan 753 kelurahan. Dan tahukah kalian Desa tertinggi yang berada di Jawa Tengah ???

Dari ribuan desa itu desa tertinggi terletak di Kabupaten Wonosobo, tepatnya Desa Sembungan di Kecamatan Kejajar.

Mengutip dari laman jadesta.kemenpraf.go.id, Desa Sembungan bahkan baru-baru ini didapuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa.

Predikat itu bukan tanpa sebab disematkan kepada Desa Sembungan. Hal itu dikarenakan letak Desa Sembungan yang berada di ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl) atau hampir sama dengan Gunung Ijen di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan lebih tinggi dari Gunung Ungaran yang terletak pada ketinggian 2.050 mdpl.

Tak hanya terletak di dataran tinggi, Desa Sembungan juga memiliki panorama alam yang indah. Desa in menawarkan eksotisme alam dan budaya dan menyajikan pemandangan sunrise tercantik di Asia, Telaga Cebong yang airnya selalu berkilau, dan tingginya air terjun Sikarim.

Tak heran jika baru-baru ini Desa Sembungan masuk dalam daftar 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 karena mampu dikunjungi ribuan wisatawan. Dikutip dari laman berita Antara, ada 3.419 desa wisata yang ditetapkan dalam ADWI 2022. Sedangkan Desa Wisatta Sembungan di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, masuk dalam daftar 50 besar.

“Harapan kami setelah masuk 50 besar ADWI, semoga nanti juara, sehingga menambah animo masyarakat; untuk datang ke Desa Wisata Sembungan maupun Wonosobo,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo, Senin (4/7/2022).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Desa Wisata Sembungan yang diklaim sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa dan tentunya Jateng pada Minggu (3/7/2022); juga sempat dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Desa ini setiap tahunnya mampu menarik kunjungan wisatawan mencapai 250.000 orang.

Desa Sembungan ini terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jateng. Desa ini layak disebut sebagai desa tertinggi di Jateng, karena letaknya yang lebih tinggi daripada Desa Ranu Pani yang berada di lereng Gunung Semeru, atau berada di ketinggian 2.100 mdpl.

Desa Sembungan yang dianggap desa tertinggi di Jateng ini memang memiliki view terbaik dalam menikmati sunrise. Hal ini dikarenakan di desa ini juga terdapat Gunung Sikunir yang kerap menjadi destinasi favorit para pendaki. Di Gunung Sikunir kita bisa melihat keindahan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan barisan gunung lainnya.

Selain Gunung Sikunir, desa tertinggi di Jateng ini juga banyak menyajikan objek wisata yang memikat seperti Air Terjun Sikarim, Telaga Cebong; dan juga Air Terjun Sipendok, yang berada di wilayah Desa Sikunang, yang tak jauh dari Desa Sembungan. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: