Mahasiswa UNIMMA Dampingi Pemasaran Produk Anyaman Bambu Di Pakis Magelang

BNews–MAGELANG– PPMT merupakan Program Pemberdayaan Masyarakat Terpadu yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang. Dimana mahasiswa yang bersangkutan di terjunkan langsung dalam lingkungan masyarakat.

Saat penerjunan mahasiswa dibagi ke beberapa desa di daerah Kota/Kabupaten Magelang. Salah satunya yaitu di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

PPMT Periode VI dilakukan di Dusun Pucung, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Anggota kelompok PPMT ini terdiri dari 5 orang, yaitu: Lina Maulani, Dewi Ayu Safitri, Agustina Setyarini, Riva Mayangsari, Nadia Niken Widyastari.

Kelompok ini melakukan kegiatan sosialisasi mengenai pemasaran produk anyaman bambu dan pembuatan laporan keuangan dengan mitra yang dipilih yaitu Kelompok Anyaman Bambu Sipta Mandiri.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh kelompok PPMT terdapat kendala pada Kelompok Anyaman Bambu Sipta Mandiri. Kendala yang terdapat di Anyaman Bambu Sipta Mandiri ini salah satunya yaitu Pemasaran dan Pembuatan Laporan Keuangan.

Beranjak dari permasalahan tersebut, topik pendampingan pembuatan souvernir bambu dan pemasaran produk melalui media sosial; serta pelatihan pembuatan laporan keuangan di desa pogalan pakis magelang diangkat dalam program PPMT.

Tujuan dari program ini yaitu agar masyarakat dapat memperkenalkan produknya keluar daerah serta dapat membuat laporan keuangan yang relevan dan handal.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh UMKM ataupun Perusahaan, baik itu perusahaan barang atau jasa dalam mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Pemasaran pada sekarang ini dapat dilakukan melalui media sosial seperti IG, Shopee, Tiktok Dll.

Laporan Keuangan merupakan sebuah dokumen penting berisi catatan keuangan yang berisi transaksi maupun kas.

Dari hasil wawancara kelompok tersebut terhadap beberapa pengurus Anyaman Bambu Sipta Mandiri; Kendala Pemasaran di Media Sosial untuk Anyaman itu sendiri terhalang oleh susahnya sinyal di dusun Pucung ini.

Harapan dengan berjalanya waktu akan adanya penanganan mengenai Penyelenggara Jasa Internet. Sehingga Masyarakat setempat tidak terlalu sulit untuk mendapatkan sinyal internet.

Terlepas dari kendala Pemasaran, Kendala lainnya yaitu mengenai Laporan Keuangan kelompok Anyaman Bambu Sipta Mandiri; yang dimana pembuatan Laporan Keuangan belum begitu baik dan sulit untuk dipahami, jadi dengan dilatarbelakangi kendala tersebut , melalui program PPMT akan membantu memecahkan masalah yang dialami oleh Kelompok Anyaman Bambu Sipta Mandiri.

Dengan Membantu dalam pembuatan Laporan Keuntungan yang sederhana namun dapat dipahami serta dapat menghasilkan laporan keuangan yang relevan dan handal. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!