Makan Tahu Bisa Bikin Awet Muda, ini Penjelasan Dokter

BNews–KESEHATAN– Salah satu makanan berbahan dasar kedelai ini ternyata memiliki banyak manfaat. Tahu, sudah jadi rahasia umum bahwa makanan ini merupakan protein nabati yang baik bagi kesehatan tubuh.

Bahkan, orang yang tengah menjadi vegetarian pun kerap mengandalkan tahu untuk menjaga kekuatan tubuhnya.

Namun, pernahkah Anda mendengar soal manfaat tahu untuk kulit? Pasalnya, selama ini belum banyak yang menyadari bahwa tahu sebenarnya juga memberi efek positif buat kulit kita.

Tak tanggung-tanggung, manfaat tahu untuk kulit adalah menjaga kekencangannya alias bikin kulit menjadi awet muda!

Makan Tahu Bikin Awet Muda karena Kandungan Isoflavon

Menurut dr. Devia Irine Putri, tahu memang terkenal akan kandungan isoflavonnya yang tinggi.

“Kandungan isoflavon inilah yang pada akhirnya memberikan banyak manfaat, salah satunya menjaga elastisitas kulit,” terangnya.

Loading...

Dokter Devia juga memberikan contoh salah satu penelitian yang membahas soal manfaat tahu untuk kecantikan kulit.

Menurut penelitian dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology, orang-orang yang mengonsumsi 40 mg isoflavon selama dua belas minggu memiliki kulit lebih sehat dan kerutan berkurang.

“Tahu juga memiliki kandungan protein dan asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya untuk mendukung pembentukan atau produksi kolagen. Kolagen ini salah satu materi penting yang dibutuhkan untuk kulit tetap awet muda,” dr. Devia menambahkan.

Ya, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang. Karena itulah kita membutuhkan asupan dari luar untuk membantu mencukupi kolagen.

Selain faktor usia, menurunnya kadar kolagen disebabkan oleh paparan sinar matahari, konsumsi makanan atau minuman manis terlalu banyak, merokok, kurang tidur, bahkan ekspresi wajah sendiri.

Dokter Devia menambahkan, “Selain itu, tahu mengandung vitamin E, yang termasuk antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.”

Dengan demikian, manfaat tahu untuk kulit memang bukan isapan jempol semata. Bila dikonsumsi secara rutin dan dengan pengolahan yang tepat, hasilnya pasti terasa.

Kombinasi Hidangan Tahu untuk Khasiat Maksimal

Manfaat tahu untuk kecantikan karena adanya berbagai nutrisi di atas memang menggiurkan. Tapi, pastinya Anda merasa bosan bila hanya terus-menerus makan tahu tanpa kombinasi.

Tenang saja, di bawah ini ada makanan-makanan yang bisa bikin awet muda dan cocok bila dimakan bersamaan dengan tahu:

Kaldu Tulang dan Tahu

Sup tahu dengan kaldu tulang tak cuma lezat, tetapi juga bermanfaat untuk kulit. Debra Jaliman, MD, dokter kulit yang berbasis di New York, Amerika Serikat, pernah mengatakan kepada Health bahwa mengonsumsi kaldu tulang dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen.

Brokoli dan Tahu

Mau bikin tumis sayur yang oke buat menjaga elastisitas kulit? Yuk, coba kombinasikan brokoli dan tahu.

Ini karena brokoli dapat mendetoksifikasi dan berperan sebagai antiinflamasi, sehingga kulit akan terhindar dari beragam masalah.

Tomat dan Tahu

Likopen dalam tomat dapat meningkatkan perlindungan kulit terhadap sinar matahari dan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar tersebut.

Zat tersebut dapat pula merangsang produksi kolagen, sehingga kulit lebih lembut dan awet muda.

Tahu bisa dikukus atau dipanggang, lalu siram dengan saus bolognese yang dibuat sendiri (bukan yang instan). Selain lezat, bagus juga untuk kulit Anda. (*/Lubis)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: